Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini Pada Anak-Anak
DOI:
https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i2.7213
Abstract
Perilaku konsumtif dapat diminimalisir dengan kebiasaan menabung. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk ditabung. Menabung dapat membentuk pola pikir bijak mengenai keuangan. Bagi sebagian masyarakat, menabung masih dianggap sulit karena rendahnya tingkat literasi keuangan, tidak memiliki tabungan produktif, dan tidak diajarkan untuk menabung. Hal ini sejalan dengan kondisi yang dialami mitra pengabdian yaitu siswa SDN 005 Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang menabung sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode ceramah interaktif atau gabungan antara ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini membuat siswa SDN 005 Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku lebih memahami konsep menabung dan manfaat yang diperoleh dari kegiatan menabung. Selain itu, para guru dan kepala sekolah menyambut positif kegiatan ini. Rekomendasi diberikan untuk melaksanakan kegiatan serupa secara rutin setiap tahun untuk membantu meningkatkan kesadaran dan kemampuan finansial mahasiswa di masa depan .
Downloads
References
[2] F. Purnomosidi, S. Ernawati, D. Riskiana, and J. Banabsyah, “Perilaku Konsumtif Anak Kos pada Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta,” J. Talent. Psikol., vol. 2, no. XI, pp. 36–48, 2022.
[3] S. Nikmah, D. Nurhayati, and Suchaina, “Pengaruh Uang Saku dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 113–123, 2023.
[4] P. Syarifuddin and S. P. Ritiauw, “Edukasi Pengelolaan Keuangan Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif pada Anak Usia Dini di Desa Waimital Kecamatan Kairatu Seram Bagian Barat,” Pattimura Mengabdi, vol. 1, no. 4, pp. 264–269, 2023.
[5] D. Sudirja and H. A. Salsabila, “Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menabung: Studi Fenomenologi pada Kasus Mahasiswa UIN Banten,” Banq. Syar’i, vol. 9, no. 1, pp. 63–78, 2023.
[6] F. Arisha, 99 Langkah Menuju Berkah: Rahasia Keberkahan Hidup Dengan Asmaul Husna. Yogyakarta: Laksana, 2020.
[7] S. Chandra, T. Chandra, E. Wijaya, M. Ng, A. Hocky, and J. Chandra, “Edukasi Pengelolaan Keuangan Pribadi bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMA Santa Maria Pekanbaru,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 7, no. 1, pp. 34–40, 2023.
[8] Y. Mawardi, B. Usman, D. Ananda, and D. Astini, “Sosialisasi Pentingnya Menabung Pada Anak-Anak Usia Dini Pada TK Sabilil Jannah Di Kota Banda Aceh,” BAKTIMAS, vol. 4, no. 4, pp. 239–244, 2022.
[9] D. R. Pulungan, L. Khairani, M. Arda, M. Koto, and E. Kurnia, “Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan,” in Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 296–301.
[10] H. Harmen et al., “Sosialisasi Gerakan Menabung Sejak Dini Bagi Siswa SDN Pantan Kemuning,” J. Pengabdi. Aceh, vol. 3, no. 2, pp. 153–159, 2023.
[11] B. Mogelea, D. Setyaningsih, M. Sucihati, P. R. Wakulu, and E. Budiarti, “Edukasi Menabung dalam meningkatkan Literasi Finansial Anak Usia Dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur,” AKSARA, vol. 09, no. 2, pp. 1029–1038, 2023.
[12] P. Jamilah, W. Busyro, R. Septianingsih, M. Lisman, and N. I. C. Putri, “Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini di Selangor , Malaysia Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 8, no. 1, pp. 67–71, 2024.










