Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini di Selangor, Malaysia Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang
Abstract
Pemahaman terkait uang merupakan bekal yang sangat penting di dunia pendidikan tak terkecuali pada anak usia dini atau sekolah dasar. Pemahaman keuangan merupakan bekal yang sangat penting untuk mereka miliki ketika memasuki usia produktif. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan literasi keuangan sejak dini dilakukan dengan dua metode. Metode pertama melalui kegiatan ceramah, yakni pemberian pengajaran pengelolaan keuangan yang sederhana Metode kedua adalah melalui metode gamifikasi, yakni Tim Dosen Prodi Perbankan Syariah Fakultas Studi Islam Universitas Muhammadiyah Riau bersama mahasiswa akan bersama –sama belajar dan bermain Bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan nilai uang kepada murid Tadika. Murid juga diajarkan cara mengelola uang, melihatkan produk buatan Malaysia, menjelaskan dampak makanan instant dan juga budaya antri ketika hendak membayar belanjaan yang telah mereka pilih. Tak hanya itu, murid pun diberikan kesempatan mencoba berbagai macam jenis buah, coklat dan makanan buatan AEON.
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Pembentukan Karakte, Anak Usia Dini
Downloads
References
[2] J. W. Santrock, Perkembangan Anak Edisi 11, 11th ed. jakarta: Salemba Humanika, 2011.
[3] D. Lestary Kusnandar, D. Mulyana, D. P. Sari, and N. Sahroni, “DHIGANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Manajemen Kecakapan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang Financial Literacy Skills for Elementary School-Age Children as an Effort to Build Smart Money Management Character,” 2023. [Online]. Available: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/dhigana
[4] Otoritas Jasa Keuangan, “LITERASI KEUANGAN BAGI ANAK USIA DINI: APA PENTINGNYA?,” https://sikapiuangmu.ojk.go.id/.
[5] R. Septianingsih et al., “Penyuluhan Budaya Menabung pada Siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru,” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. Mei, pp. 166–170, 2023.
[6] N. Anastasia and N. Linawati, “Storytelling untuk Pembelajaran Keuangan Sejak Usia Dini,” SHARE “SHaring - Action - REflection,” vol. 10,

