PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI OLAHAN KREATIF DAN BRANDING
Abstract
Abstrak
Permasalahan yang terjadi di Kampung Liman Benawi adalah rendahnya pengetahuan, kemampuan, serta keahlian dalam membuat olahan produk kreatif. Selain itu, permasalah yang lain adalah tingkah kesejahteraan masyarakat, terutama petani terong tergolong masih rendah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi para petani teror dengan melakukan transfer knowledge, berupa pembuatan produk kreatif dari hasil panen mereka, yaitu: manisan terong dan keripik terong. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat, dengan metode pelatihan. Pertama, yang dilakukan adalah mendemonstrasikan pembuatan produk manisan terong dan keripik terong. Kedua, membuat logo atau merek dagang. Ketiga, melakukan penjulan dan distribusi produk. Hasil dari kegiatan pengabdian, adalah diterimanya produk olahan kreatif petani terong oleh masyarkat luas. Hal ini berdampak pada peningkatan ekonomi petani tersebut.
Kata Kunci : Produk Kreatif, Branding, Liman Benawi, Lampung, Hasil Olahan, Terong.
Downloads
References
Adi, Isbandi Rukminto, 2001, Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas : Pengantar Pada Pemikiran dan Pendekatan Prakits,Jakarta : Lem- baga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga
Chandar, Ilham., Hermawan Bambang. (2013). E-Commerce dan E-Business. Yogyakarta: Andi Offset.
Usaman, Sunyoto. (2003). Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat. Yogkakarta: Pustaka Belajar.