Pembuatan Modul dan Pelatihan Internet of Things untuk Mendukung Proses Pelaksanaan P5 Rekayasa Teknologi di SMAN 3 Pekanbaru

-

  • Retno Tri Wahyuni Politeknik Caltex Riau
  • Heri Subagiyo Politeknik Caltex Riau
  • M. Budi Satria Yonda Politeknik Caltex Riau
Keywords: P5, modul praktek, IoT, pelatihan

Abstract

Implementasi proyek P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kurikulum merdeka menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah-sekolah. Beberapa masalah yang dihadapi melibatkan kesiapan pengajar dan fasilitas pendukung. SMAN 3 Pekanbaru juga mengalami kendala serupa saat menerapkan P5 dengan fokus pada topik rekayasa teknologi. Berdasarkan hambatan yang dihadapi oleh SMAN 3 Pekanbaru, diinisiasi program pengabdian masyarakat yang mencakup pembuatan modul dan pelatihan Internet of Things (IoT) untuk mendukung pelaksanaan P5 dengan fokus pada rekayasa teknologi.

Program ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu pembuatan modul praktek, penyusunan modul petunjuk praktek, pelatihan, dan pendampingan. Modul praktek dan modul petunjuk praktek yang dihasilkan telah digunakan dalam proses pelatihan. Kegiatan pelatihan ditargetkan kepada perwakilan siswa dari SMAN 3 yang akan memimpin pelaksanaan proyek di sekolah. Hasil umpan balik dari pelatihan menunjukkan bahwa 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang IoT. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini, seluruh peserta akan membangun proyek berbasis IoT dalam P5 dengan fokus pada bidang rekayasa teknologi pada semester mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Gede, P. E. Saputra, L. Sukariasih, and N. F. Muchlis, “Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.”
[2] P. Pengembangan, P. Penguatan, and P. P. Pancasila, “REPUBLIK INDONESIA.”
[3] A. Y. Pendidikan, N. Formal, F. Keguruan, I. Pendidikan, U. Sultan, and A. Tirtayasa, “IMPLEMENTASI P5 DENGAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PKBM,” 2023.
[4] H. Palayukan, I. Palengka, I. R. Panglipur, I. Wayan, and E. Mahendra, “PENDAMPINGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SMA,” Communnity Development Journal, vol. 4, pp. 8403–8408, 2023.
[5] A. Purnamasari et al., “PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL AJAR P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA),” 2023.
[6] D. Yuzianah, P. B. Darmono, Supriyono, and H. Kurniawan, “Penerapan P5 pada Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD”.
[7] M. Riska and A. Muchtar, “PKM Pendampingan Penyusunan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan CBL (Challenge Base Learning) 1*,” TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 3, 2023, [Online]. Available: http://journal.unm.ac.id/index.php/TEKNOVOKASIhttp://journal.unm.ac.id/index.php/TEKNOVOKASI
[8] J. Persada Sembiring et al., “PELATIHAN INTERNET OF THINGS (IoT) BAGI SISWA/SISWI SMKN 1 SUKADANA, LAMPUNG TIMUR,” Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), vol. 3, no. 2, pp. 181–186, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
[9] H. K. Wardana, N. Yannuansa, and I. Ummah, “Pelatihan Kendali Lampu LED Berbasis IoT di SMK Dwija Bhakti 1 Jombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa di Era Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Anugerah, vol. 4, no. 1, pp. 51–58, Aug. 2022, doi: 10.31629/anugerah.v4i1.4291.
[10] S. Fuada1 et al., “WORKSHOP INTERNET-OF-THINGS UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DI PURWAKARTA, JAWA BARAT, GUNA MENUNJANG KOMPETENSI ERA INDUSTRI 4.0,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
[11] S. Samsugi, A. Nurkholis, B. Permatasari, A. Candra Nugroho, and A. Bagus Prasetyo, “INTERNET OF THINGS UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI BAGI SISWA,” Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), vol. 2, no. 2, pp. 173–177, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
[12] E. Budihartono, A. Maulana, A. Rakhman, and A. Basit, “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG TEKNOLOGI IoT MELALUI WORKSHOP TEKNOLOGI IoT,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 3, p. 1595, Jun. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i3.7519.
Published
2024-04-02
How to Cite
Wahyuni, R. T., Heri Subagiyo, & M. Budi Satria Yonda. (2024). Pembuatan Modul dan Pelatihan Internet of Things untuk Mendukung Proses Pelaksanaan P5 Rekayasa Teknologi di SMAN 3 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(1), 101-107. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i1.6446
Abstract views: 12 , PDF downloads: 6