Penguatan Tata Kelola Organisasi Melalui Pengembangan Sistem Informasi Pada Prim Kansai Jepang

  • Sri Winiarti Universitas Ahmad Dahlan
  • Norma Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulaya Ahdiani Universitas Ahmad Dahlan
  • Daffa Alif Murtaja Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Penguatan organisasi, Sistem Informasi, PRIM Kansai, Tata kelola

Abstract

Dalam suatu organisasi penting sekali memperkuat tata kelola organisasi agar dapat memperluas informasi. Banyak cara yang dilakukan dalam penguatan tata kelola organisasi yang dilakukan para pelaku organisasi, diantaranya pengembangan Sumber Daya manusia (SDM) dan Pengembangan Teknologi Informasi (TI). Dengan dukungan SDM yang kompeten serta TI yang handal memungkinkan komunikasi dapat berjalan dengan baik secara internal dan eksternal organisasi. Pengurus Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kansai Jepang, sebagai suatu organisasi muhammadiyah yang baru berdiri di Kansai Jepang pada 31 Oktober 2021. PRIM Kansai sudah menunjukkan geliatnya melalui berbagai kegiatan untuk tenaga pekerja Indonesia di Kansai Jepang. Permasalahan yang dihadapi PRIM diantaranya, yaitu; perlindungan hukum bagi Tenaga Kerja Indonesia, kebutuhan akan tenaga pendamping tahsinul quran bagi para anggota komunitas dan optimalisasi penggunaan teknologi digital menjadi fokus permasalahan yang terjadi pada komunitas tersebut. Untuk itu PRIM Kansai berupaya untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Dalam usulan kegiatan pengabdian masyarakat ini, fokus permasalahan memberikan pemahaman kepada pengurus dan anggota PRIM Kansai terhadap  penguatan ketahanan komunitas dalam komunikasi digital, perlindungan konsumen digital, penyediaan  sistem informasi sebagai pusat data anggota komunitas serta  memberikan pelatihan teknologi informasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini dalam rangka memberikan penguatan bagi organisasi PRIM Kansai Jepang melalui Sistem informasi tata kelola organisasi bagi anggota. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Simanjuntak, "Hingga Oktober 2021 Ada 52.810 WNI Bekerja dan Belajar di Jepang atau 3,1% Dari WNA Keseluruhan," Tribun.com, Yogyakarta, 2022.
[2] Riswati, "Implementasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah Berbasis Digitalisasi Teknologi Di Indonesia," Jurnal Media Demokrasi , vol. Vol. 3, no. No. 2, pp. 1 - 15, 2021.
[3] G. R. Terry,, Etika Pemerintahan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011.
[4] Manoppo., , Mantiri, M., and Sambiran, S, "Fungsi Koordinasi Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan," jurnal EKSEKUTIF Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, vol. vol. 2 , no. No 2, 2017.
[5] R. Andriani, "Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model dengan Penambahan Variabel Eksternal," Jurnal Teknologi Informasi dan Teknik Komputer, Vols. Vol.7, No. 3, pp. hlm. 531-538, 2020.
[6] Tilaar, M.A.R,, Mengindonesia: Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
[7] Munaf, DR, Suseno, T., Janu, RI, and Badar, A M, "Peran Teknologi Tepat Guna Untuk Masyarakat Daerah Perbatasan," Jurnal Sosioteknologi, vol. 13, 2008.
[8] E. F. Ripanti, "Pengembangan Model Evaluasi pada Integrated Information Systems di Universitas: Systematic Literature Review," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. Vo 6 No 2, pp. 224-235, 2020.
[9] Mustofa, M.L., Monitoring dan Evaluasi Konsep dan Penerapannya bagi Pembinaan Kemahasiswaan, Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2011.
[10] Arikunto, and Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Revisi, cet. 6,, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
[11] R. Andriani, A. Setyanto and A. Nasiri, "Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Dengan Penambahan Variabel," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. No. 3, pp. 531- 538, 2020.
[12] A. Rochman, N. Nurmaesah and L. Herdiansyah, "Evaluasi Sistem Informasi Global Institute Academic Metode PIECES," AJCSR [Academic Journal of Computer Science Research], vol. 4 , no. 1, pp. PP. 1-7, 2022.
[13] J. Simanjuntak, "Hingga Oktober 2021 Ada 52.810 WNI Bekerja dan Belajar di Jepang atau 3,1% Dari WNA Keseluruhan," Tribun.com, Yogyakarta, 2022.
[14] G. R. Terry, Etika Pemerintahan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011.
[15] Manoppo., Mantiri, M., and Sambiran, S, "Fungsi Koordinasi Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan.," jurnal EKSEKUTIF Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, vol. 2 No 2, 2017.
Published
2024-03-31
How to Cite
Winiarti, S., Norma Sari, Ulaya Ahdiani, & Daffa Alif Murtaja. (2024). Penguatan Tata Kelola Organisasi Melalui Pengembangan Sistem Informasi Pada Prim Kansai Jepang. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(1), 72-78. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i1.6227
Abstract views: 1 , PDF downloads: 2