Peningkatan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan

  • Raja Fitrina Lastari universitas hang tuah pekanbaru
  • Defi Eka Kartika Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Kualitas pelayanan keperawatan yang professional dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan pelaksanaan fungsi manajemen pelayanan keperawatan secara sistematis dan terstuktur. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pelaksanaan ronde keperawatan. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang membantu dalam merencanakan pelayanan keperawatan dan memberikan kesempatan kepada pasien untuk mendiskusikan masalah keperawatannya serta mengevaluasi pelayanan keperawatan. Metode penelitian adalah melalui FGD pengetahuan perawat  terkait ronde keperawatan dan pelatihan ronde keperawatan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata usia 34,89 tahun dan lama bekerja 8,3 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan 38 (80,9%) orang, tingkat pendidikan S1 (Strata 1) 27 (57,4%) orang, tingkat pengetahuan kurang 30 (63,8%) orang, tingkat sikap positif 13 (61,8%),dengan hasil pre test 51 % dan post test 68 %. Disarankan kepada Pihak Rumah Sakit untuk dapat membuat kebijakan terkait pelaksanaan Ronde keperawatan seperti penerbitan Standar Operasional Prosedur pelaksanaan Ronde Keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Agustina, V., Mardiono, & Ibrahim, F. (2016). Latar Belakang : Ronde keperawatan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan klien yang dilaksanakan oleh perawat dengan pasien atau keluarga terlibat aktif dalam diskusi dengan membahas masalah keperawatan serta mengevaluas. 7(1).
[2] Ananda, Y., & Muliantino, M. R. (2021). Pelaksanaan Ronde Keperawatan terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat Di Ruang Rawat Inap RSU Aisyiyah Padang Implementation of the Nursing Round on the Knowledge Level of Nurses in the Inpatient Room at RSU Aisyiyah Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 217–221.
[3] Donsu, J. D. T. (2016). Metodologi Penelitian Keperawatan (1st ed.). Pustakabarupress.
[4] Meri, D., Mayenti, F., & Ramadia, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Melalui Interdisciplinary Rounds. Abdimas Universal, 4(1), 5–8.
[5] Nursalam. (2015). Manajemen keperawatan. Aplikasi dalam praktik keperawatan profesional. Edisi 5. Salemba Medika: Jakarta.

[6] Notoatmodjo. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.
[7] Peranginangin, S.A. (2017). Hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan.Pratiwi, A., Pujianto, J. S., Setyadi, N. A., Muhlisin, A., Tamelia, Y., Kesehatan, F. I., Surakarta, U. M., Sakit, R., Daerah, J., & Surakarta, K. (2022). INCREASING KNOWLEDGE ABOUT THE NURSING CASE ROUND IN THE TEAM CHAIRMAN THROUGH THE ROLE PLAY METHOD PENDAHULUAN Manajemen pelayanan rumah sakit terdiri dari manajemen pelayanan bidang medis dan manajemen pelayanan keperawatan ( Huber , 2017 ). Manajemen p. 10(4), 821–828.
[8] Ritterman, I., Rose, S., Meyer, S., Hall, E., Mirlande, D., Rankin, S., & Baltzell, K. (2017). Patient and family centered nursing rounds as a platform for continuing education of nurses in a rural hospital in Haiti. Journal of Nursing Education and Practice, 8(4), 118. https://doi.org/10.5430/jnep.v8n4p118
[9] Ulfa, N., Erianti, S., S1, P., Stikes, K., & Pekanbaru, H. T. (2022). Hubungan pengetahuan perawat tentang komunikasi efektif terhadap kualitas pelaksanaan handover. JKA (Jurnal Keperawatan Abdurrab), 05(02).Sa’diyah, R. (2018). Peran Psikologi untuk Masyarakat (Luthfi (ed.); 1st ed.). UM Jakarta Pusat.
[10] Saragih, M., Hasibuan, E. K., & Gulo, A. R. B. (2022). Peningkatan Kinerja Perawat Melalui Pelatihan Supervisi di Ruang Rawat Inap RSU Full Bethesda. Jurnal Abdimas Mutiara, 3 No. 1(2), 139–145.
[11] Simbolon, P. (2021). Perilaku Kesehatan (Cetakan Pe). CV. Trans Info Media.
[12] Stella, S., Rizal, A., Gunardi, S., & Suryadi, B. (2022). Analisis Standar Operasional Prosedur Pelaksanaan Ronde Keperawatan. Journal of Management Nursing, 1 (2), 63–66.
[13] Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian (N. L. Saputri (ed.); Pertama). Pusdik SDM Kesehatan.
[14] Yuanita Ananda. (2018). Pelaksanaan Ronde Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSIIbnu Sina Padang Tahun 2022. 1(3).
Published
2023-11-13
How to Cite
Lastari, R. F., & Eka Kartika, D. (2023). Peningkatan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 417-421. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6087
Abstract views: 222 , PDF downloads: 241