Optimalisasi Peran Pendidikan Mahasiswa KKN Kelompok 55 Universitas Muhammadiyah Riau Dalam Membangun Generasi Masa Depan

  • Eka Putra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Soni Soni Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sifa Hul Hasanah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rinaldi Rinaldi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurul Ramadhanti Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: pendidikan, pengabdian, mahasiswa, kuliah kerja nyata

Abstract

Tujuan utama pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 55 Universitas Muhammadiyah Riau adalah memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa dalam menggali potensi desa dan memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat. Pelaksanaannya melibatkan survei dan perencanaan program kerja. Beberapa lembaga pendidikan di di Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, pada 24 Juli hingga 31 Agustus 2023 menjadi sasaran Program Kerja mahasiswa KKN yang dilakukan rutin setiap harinya. Seluruh mahasiswa KKN berperan dalam membantu penyelenggaraan pendidikan di desa. Tidak hanya di sekolah, mahasiswa KKN juga mengadakan les gratis dan mengajar mengaji bagi anak-anak demi memaksimalkan kegiatan pendidikan di desa. Respons positif dari pihak desa diperoleh selama mengajar di berbagai lembaga pendidikan lokal, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Pondok Pesantren Tebu Ireng 4. Kolaborasi mahasiswa KKN tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam keikutsertaan membangun generasi masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P., “Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676, 2021.
[2] Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N., “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19,” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-44, 2021.
[3] Lestari, S., Ardian, N., & Harahap, N., “Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Mendidik Generasi Qurani di Masa Pandemi Covid-19,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 81-86, 2021.
[4] Hayami, R., Soni, Fatma, Y., & Wenando, F. A., “Pelatihan Pengelolaan Website Sebagai Upaya Meningkatkan Publikasi Profil Kelurahan Tangkerang Selatan Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(November 2019), 230-233, 2019.
[5] Amien, J. A., Sunanto, Soni, Mualfah, D. B., Fuad, E., & Wenando, F. A., “Pelatihan Cara Teknik dan Cara Menghindari Tindakan Plagiat Bagi Guru SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(November 2019), 2(2), 40–43, 2018.

[6]Suud, F.M., A’la, A. F., Rachmawatie, D., Islamawati, I. N., “Pengembangan Desa Wisata Dusun Bendo Melalui Peningkatan Keterampilan Seni Membatik Warga,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(November 2019), 7(1), 1–6, 2023.
[7] Aulianita, R., Yunita, N., Rakhmah, S. N., Nisa, K., “Pelatihan Design Grafis Online Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Remaja Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(1), 30–33, 2023.
Published
2023-11-12
How to Cite
Eka Putra, Soni, S., Hul Hasanah, S., Rinaldi, R., & Ramadhanti, N. (2023). Optimalisasi Peran Pendidikan Mahasiswa KKN Kelompok 55 Universitas Muhammadiyah Riau Dalam Membangun Generasi Masa Depan . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 226-233. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6035
Abstract views: 51 , PDF downloads: 50