Diseminasi Penggunaan Sistem Pengelolaan dan Pemasaran Produk Unit Usaha UMKM Pondok Pesantren Ibnu Al-Mubarok

  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau
  • Retno Tri Wahyuni Politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul Politeknik Caltex Riau
  • Elva Susianti Politeknik Caltex Riau
  • Wiwin Styorini Politeknik Caltex Riau
  • Zainal Arifin Renaldo Politeknik Caltex Riau

Abstract

Pondok Pesantren Ibnu Al Mubarok merupakan salah satu pesantren modern yang berada di Kota Pekanbaru. Selain menanamkan nilai-nilai agama, pesantren juga menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap permasalahan lingkungan hidup pada anak didiknya. Kepedulian terhadap lingkungan hidup tersebut ditanamkan melalui praktik keseharian siswa didik. Beberapa aktivitas unit usaha pesantren yang selanjutnya dikelola oleh UMKM Al-Barakh antara lain berupa bank sampah, pembuatan ecobrick untuk meja kursi, pembuatan pupuk lindi, pemanfaatan lahan pesantren untuk tanaman produktif dan lain-lain. Pesantren juga membangun aktivitas bernilai ekonomis atau entrepreneurship, antara lain dengan memberdayakan masyarakat sekitar untuk usaha menjahit dan kuliner. Namun ibu Rinwiningsih, S.S selaku ketua yayasan Yayasan Ulil Albab Al Ja'afariyah, menyatakan bahwa produk-produk UMKM yang dihasilkan saat ini masih dipromosikan dan disampaikan secara manual, kepada kolega dan pihak-pihak yang pernah membeli produk-produk tersebut. Pihak UMKM membutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu memasarkan produk unit usaha secara masif dan luas, yang terhubung ke whatsapp bisnis UMKM. Sistem pengelolaan dan pemasaran produk UMKM Al-Barakh ini selanjutnya di diseminasikan dan diserahterimakan pada tanggal 04 Oktober 2023. Pihak UMKM menyambut antusias kegiatan ini, dan menggunakan sistem untuk menjalankan proses bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istiatin, dan Marwati, Fithri Setya, "Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha UMKM dan Ekonomi Kreatif di Era New Normal di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo", Jurnal Budimas, Vol. 03, No. 01, pp. 129-140, 2021.
[2] Zahra, Indirahma Putri dkk, "Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Kuenak di Ciputat Timur", Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, pp 167-171, 2021.
[3] Wibowo, Agus dkk, "Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran UMKM Berbasis Digital Di Desa Cisaat", D'Edukasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 02, No. 01, pp. 16-25, 2022.
[4] Rahma, Rezka Arina, Sucipto dan Ishaq, M, "Pendampingan Pemasaran Produk Berbasis Digital pada UMKM Busana Muslim di Kabupaten Gresik", Community Development Journal, Vol. 03, No. 02, pp. 511-518, 2022.
Published
2023-11-22
How to Cite
Rika Perdana Sari, Tri Wahyuni , R., Ihsan Zul, M., Susianti , E., Styorini, W., & Arifin Renaldo , Z. (2023). Diseminasi Penggunaan Sistem Pengelolaan dan Pemasaran Produk Unit Usaha UMKM Pondok Pesantren Ibnu Al-Mubarok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 337-341. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.6007
Abstract views: 42 , PDF downloads: 32