Meningkatkan Kesadaran Minat Baca Dan Motivasi Belajar Melalui Sosialisasi Pojok Baca Pelangi Dan Edukasi Pembuatan Media Ajar Digital Di Sdn 010 Desa Sungai Rambai

  • Neng Sholihat Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhatir Muhatir Universitas Muhammadiyah Riau
  • Viola Yolanda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Putri Mayang Rahmadany Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Mahasiswa biasanya memiliki pandangan intelektual yang tinggi dimata masyarakat dan kecerdasan dalam berfikir serta dalam bertindak, maka dari itu mahasiswa harus memiliki tugas lain yakni sebagai distributor perubahan dan pengontrol sosial di masyarakat. Desa Sungai Rambai merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah administrasi kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, provinsi Riau. Luas wilayah desa Sungai Rambai sekitar kilometer persegi atau 2,7 % dari total luas Kecamatan Kampar Kiri. Di desa ini terdapat sebanyak 1 masjid dan 1 mushola. Selain itu, di dalam wilayah Desa Sungai Rambai terdapat sebanyak 1 SD, 1 SMP, dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Pendidikan, Agama Dan Budaya merupakan suatu program kegiatan yang memfokuskan pada lingkungan masyarakat yang akan meningkatkan dunia di bidang pendidikan, agama, dan budaya. Maka hal ini disebabkan karena lingkungan masyakarat di desa masih tergolong rendah, akibat kurangnya inisiatif dan motivasi agar untuk meningkatkan kapasitas diri agar dapat menumbuhkan kepercayaan diri sehingga dapat berkontribusi dalam kemajuan desa. Dengan adanya fenomena tersebut, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi adalah sempitnya ruang lingkup organisasi yang menimbulkan keterbatasan-keterbatasan terhadap lingkungan masyarakat berbasis pendidikan agama di sekolah masjid dan lingkungan masyarakat dalam pendidikan, agama dan budaya terhadap masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Afifah, Anisatun Nur, Annisa Ul Muthohharoh A P, Bunga Aulia Hasnandya, Jannatun Makwa, Khoirul Azis, M Ulin Nuha, Meliya Susanti, Mia Permata Sari, Muhammad Azmi Zain W, and Shohibul Maqom. “Peran KKN Dalam Pembangunan Masyarakat : Pelaksanaan Sosialisasi Zakat Produktif Sebagai Sarana Untuk Mengaktifkan Kembali Organisasi Badan Amil Zakat” 1, no. 2005 (2019): 193–195.
[2] Ali, Muhammad. Penelitian Kependidikan, Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2000
[3] Al Hakim, Rosyid Ridlo. “Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 Di Sokanegara Purwokerto Banyumas.” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 2, no. 1 (2020): 7–13. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/125.
[4] LP2M. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahasiswa Program S1. IAIN Salatiga, 2021.
[5] Pitaloka, Herninda, Ahmad Ulil Albab Al Umar, Eka Resmi Hartati, and Dessy Fitria. “The Economic Impact of Covid 19 Outbreak: Evidance From Indonesia.” Jurnal Inovasi Ekonomi 5, no. 3 (2020).
[6] Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cetakan pe. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
[7] Soejono, Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
[8] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
[9] Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57.
[10] Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 2011. [11] Undang Undang No 12 Tahun 2012, n.d.
Published
2024-03-31
How to Cite
Sholihat, N., Muhatir, M., Yolanda, V., & Rahmadany, P. M. (2024). Meningkatkan Kesadaran Minat Baca Dan Motivasi Belajar Melalui Sosialisasi Pojok Baca Pelangi Dan Edukasi Pembuatan Media Ajar Digital Di Sdn 010 Desa Sungai Rambai. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i1.5783
Abstract views: 9 , PDF downloads: 13