Optimalisasi Potensi Desa,Pengolahan Limbah Perkebunan Sawit Menjadi Briket Sebagai Energi Alternatif Yang Bernilai Ekonomi Tinggi

  • Muhammad Zidhan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Lisa Legawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ashilah Haura Arnel Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Perkebunan kelapa sawit menghasilkan sisa atau limbah pasca panen yang belum dimanfaatkan secara optimal dan dibiarkan begitu saja hingga menumpuk dan membusuk di area perkebunan. kelompok 48 Desa Sungai Buluh tertarik untuk memberikan edukasi ke Masyarakat dalam pembuatan briket menggunankan limbah pelepah sawit yang diharapkan nantinya Masyarakat mampu memanfaatkan limbah pelepah sawit menjadi mata pencarian baru.Kegiatan yang menjadi program kerja utama yaitu mengoptimalkan potensi desa salah satunya dengan memanfaatkan limbah pelepah sawit menjadi produk bernilai ekonomi tinggi. Kegiatan awal yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung tentang potensi limbah perkebunan sawit dan cara pengolahan limbah pelepah sawit sehingga menghasilkan produk briket yang dapat dipasarkan dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. program ini dimulai dengan mengumpulkan beberapa limbah perkebunan sawit berupa pelepah sawit. Pelepah sawit kemudian dijemur dan dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu, pelepah sawit yang sudah kering dibakar dan dihaluskan menjadi kecil hingga akhirnya dibentuk. tahap uji coba hasil briket yang sudah jadi dilakukan di sekitar rumah warga yang sasaran utamanya adalah UMKM Desa Sungai Buluh. Melalui pembuatan produk briket ini dapat membantu warga desa memanfaatkan limbah pelepah sawit yang tidak terpakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. Kamal, “Karakterisasi dan Potensi Pemanfaatan Limbah Sawit,” Itenas Libr., pp. 61–68, 2018.
[2] P. Papilo, “Briket Pelepah Kelapa Sawit Sebagai Sumber Energi Alternatif Yang Bernilai Ekonomis Dan Ramah Lingkungan,” J. sains, Teknol. dan Ind., vol. 9, no. 2, pp. 67–78, 2012.
[3] A. Nugraha, A. Widodo, and S. Wahyudi, “Pengaruh Tekanan Pembriketan dan Persentase Briket Campuran Gambut dan Arang Pelepah Daun Kelapa Sawit terhadap Karakteristik Pembakaran Briket,” J. Rekayasa Mesin, vol. 8, no. 1, pp. 29–36, 2017, doi: 10.21776/ub.jrm.2017.008.01.5.
[4] R. Rahman Tsani, L. Kelautan, F. Muhammad Mauluddin, R. Christian Hotlan Tinambunan, and S. Fajar Maulani, “Analisis Kualitas Produk Arang Briket Pada Kebutuhan Pasar Ekspor Di Timur Tengah Dan Eropa Pada PT. Nudira Sumber Daya Indonesia,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 3, pp. 1214–1224, 2022.
[5] K. Ridhuan and J. Suranto, “Perbandingan Pembakaran Pirolisis Dan Karbonisasi Pada Biomassa Kulit Durian Terhadap Nilai Kalori,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 5, no. 1, pp. 50–56, 2017, doi: 10.24127/trb.v5i1.119.
Published
2023-11-22
How to Cite
Zidhan, M., Legawati, L., & Haura Arnel, A. (2023). Optimalisasi Potensi Desa,Pengolahan Limbah Perkebunan Sawit Menjadi Briket Sebagai Energi Alternatif Yang Bernilai Ekonomi Tinggi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 274-277. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.5782
Abstract views: 64 , PDF downloads: 63