Pendampingan Penggunaan Simulasi Interaktif Phet Bagi Guru Ipa Sma Muhammadiyah 1 Di Kota Pekanbaru Sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran Pada Masa Pandemi
Abstract
SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru merupakan salah satu institusi sekolah menengah atas yang dikelola oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru IPA SMA MUTU Pekanbaru tentang pembelajaran IPA ditemukan beberapa permasalahan diantaranya: belum ada media alternatif yang tepat, relevan dengan kompetensi dasar untuk mendukung pembelajaran IPA dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA masih kurang. Tujuan kegiatan Pengabdian di SMA MUTU Pekanbaru ini adalah PkM yang dilaksanakan berupa pendampingan mitra menggunakan simulasi interaktif PhET sebagai solusi inovatif pembelajaran pada masa pandemiĀ secara luring dan daring. Pendampingan penggunaan simulasi interaktif PhET bagi guru IPA SMA Muhammadiyah 1 di kota Pekanbaru sebagai solusi inovatif pembelajaran pada masa pandemi berjalan lancar, memperoleh respons yang positif, mampu meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri guru. Selama pelatihan berlangung, guru-guru antusias, peserta berperan aktif selama workshop berlangsung, peserta berperan aktif selama pendampingan, peserta aktif bertanya mengenai materi yang di paparkan, peserta banyak meminta materi diluar modul yang di sediakan.. Beberapa indikator keberhasilan dalam pelatihan ini diantaranya meningkatnya pemahaman guru tentang simulasi interaktif PhET, mampu menggunakan simulasi interaktif PhET, peningkatan kualitas dan profesionalisme guru.
Downloads
References
[2] Kemdikbud. Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, www.kemdikbud.go.id. 2020.
[3] Handayani, N. L., Sulisworo, D., Ishafi. Pemanfaatan Google Classroom pada Pembelajaran IPA Jarak Jauh untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 9, No. 1. 2021.
[4] Masita, S. I., Donuata P. D., Ete A. A., Rusdin, M. E. Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik, Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 5 No. 2. 2020.
[5] Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., LeMaster R. PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, Vol. 44. 2006.
[6] Adimayuda, R., Sari, L., Ismail, A., Amalia, F., Gumilar, S., Samsudin A., Assessing two-dimensional collisions second-years students using PhET simulations on momentum and impulse concept. Journal of Physics: Conference Series. 2021.
[7] Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., Jamal. PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5, No. 1. 2020.
[8] Aziza, A. N. Pengaruh Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Bentuk Molekul. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2020.
[9] Raini, Y. & Wiranata, A. A. Pengaruh Media Laboratorium Virtual (Phet) terhadap Kemampuan Praktikum Kimia Siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. Jurnal Educate, Vol.5 No. 2. 2020.
[10] Rahayu, C. D., & Sartika, S. B. Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP melalui Penggunaan PhET Interactive Simulations. Science Education Journal, Vol. 4 No. 1. 2020.
[11] Ulfah, Y. Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Journal of Biology Education Research, Vol. 1 No. 2. 2020.
[12] Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., Wirda. Penggunaan Simulasi PhET Terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 5, No. 1. 2021.

