Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Tas Aksara Incung Dalam Melestarikan Budaya Kerinci

  • Yorina An'guna Bansa Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Robi Soma Universitas Jambi
Keywords: bisnis taracung, ekonomi kreatif, warisan budaya

Abstract

Abstrak: Tujuan makalah pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan usaha ekonomi kreatif UMKM Taracung beserta faktor-faktor pelancar dan penghambat berkembangnya usaha tersebut serta membantu mengangkat kembali aksara Incung ini kepermukaan sehingga kembali dikenal oleh masyarakat terutama Masyarakat kabupaten Kerinci, Indonesian. Selain itu, artikel ini juga berupaya menanamkan kembali kesadaran kepada segenap masyarakat Jambi akan arti penting dari warisan budaya salah satu kabupaten yang kaya akan sumber daya alam serta artefak kebudayaan dimana salah satu yang paling terkenal adalah Aksara Incung. Partisipan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah seorang wanita pengusaha muda berinisial HS, mahasiswi semester akhir Universitas Jambi, yang merupakan pemilik usaha tas aksara Incung. Hasil wawancara langsung dari para penulis artikel dengan HS diketahui bahwasannya faktor-faktor pelancar usaha tas Aksara Incung yang telah dijalaninya selama kurang lebih tiga tahun ini yaitu relasi atau kenalan, teknologi (media sosial) berperan penting dalam memperluas jaringan promosi serta dengan memanfaatkan event-event yang diselenggarakan di kota Jambi untuk memperkenalkan usaha tas aksara Incung. Adapun faktor-faktor penghambat usaha ini misalnya sarana dan prasarana pendukung, soliditas pekerja turut berkontribusi menjadi faktor penghambat, dan masalah permodalan.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Alijoyo, A., Wijaya, B., Jacob, I. (2015). Structured or semi-structured interview. CRMS.
[2] Dwicahyani, M., at all. Edukasi Penggunaan Digital Marketing bagi UMKM di Pasar Kumbasari. 6 (1). pp. 110-116.
[3] Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan 1(2), pp. 157-172.
[4] Hernikawati, D. (2022). Dampak pandemi Covid-19 terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kota Palembang. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa 3(2), pp. 9-17.
[5] Nandita, B., Sarma, M. & Najib, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM pengolahan buah dan pengolahan susu. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO) 9(1), pp. 1-9.
[6] Satriyono, G., at all. (2022). Perancangan Branding dan Penerapan Digital Marketing UMKM Roti Pia Tresno Joyo Desa Banjaranyar Kec. Kras Kab. Kediri. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 6 (2). pp. 1-7.
[7] Suyadi, S., Syahdanur, S., Suryani, D. S. (2018). Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT 29(1).
[8] Wulandari, Z., at all. (2021). Webinar dan Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Ternak Database, Konten Kalender, Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 5 (2). pp. 45-51
Published
2024-03-31
How to Cite
Bansa, Y. A., & Soma, R. (2024). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Tas Aksara Incung Dalam Melestarikan Budaya Kerinci. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 8(1), 44-50. https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i1.5541
Abstract views: 3 , PDF downloads: 4