Pemberdayaan Kelompok Dasawisma Melalui Pemanfaatan Media Edukasi dan Seni Membatik Sibori untuk Penguatan Program Pendidikan-Keterampilan

  • Isti Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sulistyarini Universitas Negeri Semarang
  • Maretha Indriyanti Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kelompok Dasawisma; media edukasi, seni membatik; pendidikan dan keterampilan

Abstract

Permasalahan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bagaimana memberdayakan kelompok Dasawisma Mangga, yang dapat menguatkan kegiatan-kegiatan potensial pada kelompok Dasawisma Mangga sehingga mampu memberikan peran optimal bagi implementasi program pokok PKK.  Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) pengenalan dan pemanfaatan media edukasi bagi ibu-ibu Dasawisma Mangga untuk memfasilitasi aktivitas yang mendukung kreativitas dan karakter anak, aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak, (2) melakukan pelatihan dan praktik membatik Sibori dengan pewarna alami indigo bagi Dasawisma Mangga. Metode kegiatan menerapkan prinsip-prinsip pemberdayaan, ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, praktik, dan pendampingan, serta monitoring bersama. Partisipatif, menjaga koordinasi dan komunikasi dengan mitra dan penerima manfaat selama kegiatan. Hasil kegiatan: (1) media edukatif Puzzle Tangram-7 dan Drawing & Sticking Book digunakan banyak anak dengan antusias. Bentuk monitoring dengan lomba puzzle dan menempel-mewarnai diikuti tidak hanya anak-anak di lingkungan Dasawisma Mangga, (2) tedapat peningkatan kemampuan kelompok sasaran dalam membatik, setiap anggota dasawisma menghasilkan selembar (2,25 m) kain batik sibori. Dan terdapat 1 orang diantaranya memanfaatkan keterampilan membatik untuk kegiatan komersiil. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. N. Tadanugi, “Peranan PKK terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Perempuan Di Desa Bo’e Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso,” J. Ilm. Adm., vol. 15, no. 1, pp. 12–17, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/368.
[2] Y. Setyowati, A. Giawa, and R. Marina, “Model Optimalisasi Peran Perempuan dalam Pembangunan Desa,” Indones. Gov. J. (Kajian Polit. – Pemerintahan), vol. 05, no. 01, pp. 28–40, 2022.
[3] C. S. Putri and O. Jatiningsih, “Pelaksanaan Peran Pkk Dalam Menggerakkan Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Masyarakat Di Desa Kwadengan Barat Kecamatan Sidoarjo,” Ejournal.Unesa, vol. 08, no. 03, pp. 887–901, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/36233.
[4] H. Basri, “PEMBERDAYAAN DASAWISMA KAMPUNG TOWEREN ANTARA DALAM UPAYA KEBERLANGSUNGAN USAHA EKONOMI KREATIF DAN KEBERSIHAN, KEINDAHAN, DAN KETERTIBAN,” KRIDA CENDEKIA J. Pengabdi. Masy. Pemberdaya., vol. 01, no. 04, 2021.
[5] H. Widiastuti and E. R. Utami, “Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Unit Produksi Pengolahan Makanan Pada Kelompok Dasawisma RW 07 Nasri Moyudan,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 705–711, 2021, doi: 10.18196/ppm.34.282.
[6] K. T. Andyarini, D. Pranitasari, P. Hermastuti, D. Prastuti, and N. S. Saodah, “Program Pendampingan Pemberdayaan Kelompok Dasawisma: Gerakan Olah Sampah Organic 1 Detik Menjadi Media Tanam,” Prog. Conf., vol. 5, no. 2, pp. 282–287, 2022, [Online]. Available: http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress.
[7] B. Nurdewanto, E. Yuniriyanti, and R. Sudarwati, “Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Dasa Wiswa PKK,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 99–102, 2015, [Online]. Available: https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/1506.
[8] T. L. Surya, Hamsiah, and A. I. Rosi, “Pemberdayaan Dasa Wisma Desa Permai Baru Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Optimalisasi Pekarangan Dengan Budidaya Ikan Lele,” vol. 4, no. 1, 2022.
[9] N. K. Sari, D. A. Siwi, and P. M. Purbosari, “IbM Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis ICT bagi Kelompok Ibu-Ibu PKK untuk Mendukung Anak-Anak Sekolah Dasar di Desa Macanan …,” Kapuas, vol. 1, pp. 63–68, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/JK/article/view/269%0Ahttps://ejurnal.polnep.ac.id/index.php/JK/article/download/269/174.
[10] K. Nuringsih, H. Mularsih, and D. R. Alexander, “MERINTIS DAN MENGELOLA SUDUT BACA DI BEJI TIMUR DEPOK,” Pros. Semin. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2017/10/29/126715/mendikbud-muhadjir-canangkan-.
[11] I. Hidayah, Dwijanto, and A. Istiandaru, “Manipulatives and question series for elementary school mathematics teaching on solid geometry,” Int. J. Instr., vol. 11, no. 3, pp. 649–662, 2018, doi: 10.12973/IJI.2018.11344A.
[12] R. Aditya and A. Wardhana, “Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia,” J. Siasat Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 24–32, 2016, doi: 10.20885/jsb.vol20.iss1.art3.
[13] UNICEF, Child Friendly Schools Manual. 2009.
[14] A. N. Palupi, “Use of Manipulative Media as A Stimulation Of Ability To Understand The Concept of Early Children’s Age,” Early Child. Res. J., vol. 3, no. 2, pp. 41–57, 2021, doi: 10.23917/ecrj.v3i2.11414.
[15] N. K. M. I. H. M. Margunani, N. K. Martuti, I. Hidayah, and M. Margunani, “(Sudah) Pemanfaatan Indigo Sebagai Pewarna Alami Ramah Lingkungan Bagi Pengrajin Batik Zie,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 133–143, 2019, [Online]. Available: https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/6454/4225.
[16] A. Haris, “Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Media,” Jupiter, vol. XIII, no. 2, pp. 50–62, 2014.
[17] T. K. Ningrum, M. Maswarni, W. L. Hardilawati, and Y. Yarnita, “Fresto Lele Ibu Rumah Tangga Blok I Di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siakhulu,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 1, pp. 152–156, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i1.2562.
[18] M. F. Hadi, R. Darwin, D. Widiarsih, M. Hidayat, N. Murialti, and M. Asnawi, “Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Yang Bernilai Ekonomi Bagi Peningkatan Produktivitas Jiwa Entrepreneur Ibu Rumah Tangga Rt.01/Rw.12 Desa Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 1, no. 2, pp. 42–47, 2017, doi: 10.37859/jpumri.v1i2.232.
[19] D. A. Anggraini, Akmal Arshad Shidiq, Parningotan Siregar, Vira Avriya, Dwi Nurhaliza, and Tri Adinda Rati, “Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas sebagai Bahan Pembuatan Paper Soap untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kualu Nenas,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 6, no. 2, pp. 117–122, 2022, doi: 10.37859/jpumri.v6i2.4055.
[20] S. Shintawati, Z. Zulfahmi, Ira Novita Sari, and Livia Rhea Alvita, “Pemberdayaan Wanita Kelompok Tani Hutan Melalui Diversifikasi Produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK),” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 4, no. 2, pp. 140–145, 2020, doi: 10.37859/jpumri.v4i2.1973.
[21] Asrinda Amalia, A. Haris, S. Rahmayanti, K. Hanafi, and R. W. Novchi, “Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Perajin Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 2, pp. 20–25, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i2.2703.
Published
2023-11-12
How to Cite
Isti Hidayah, Wiyanto, W., Sulistyarini, S., & Indriyanti, M. (2023). Pemberdayaan Kelompok Dasawisma Melalui Pemanfaatan Media Edukasi dan Seni Membatik Sibori untuk Penguatan Program Pendidikan-Keterampilan . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 197-205. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.5461
Abstract views: 37 , PDF downloads: 47