Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Kampung Matematika

  • Novia Ariyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nuril Lutvi Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: matematika, kampung matematika, motivasi belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak anak terutama pada ilmu matematika dengan menggunakan beragam permainan edukatif di kampung matematika. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini bertempat di Dukuh Pakis RT 05 RW 01 Surabaya. Metode  yang digunakan dalam kegiatan  ini adalah tahap awal yaitu observasi, tahap kedua yaitu persiapan lingkungan dan alat permainan, serta tahap yang terakhir adalah pelaksanaan. Respon dari warga Dukuh Pakis terhadap kampung matematika adalah  senang karena lingkungan mereka menjadi lingkungan yang ramah anak dan ramah pendidikan.

 

Kata Kunci: matematika, kampung matematika, motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. S. Manurung, A. Halim, dan A. Rosyid, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar,” basicedu, vol. 4, no. 4, hlm. 1274–1290, Okt 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.544.
[2] R. Andriani dan R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” JP Manper, vol. 4, no. 1, hlm. 80, Jan 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
[3] A. Emda, “KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN,” LJ, vol. 5, no. 2, hlm. 172, Mar 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
[4] N. Afifah dan S. Hartatik, “Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya,” MUST, vol. 4, no. 2, hlm. 209, Des 2019, doi: 10.30651/must.v4i2.3035.
[5] K. Ingsih, J. Ratnawati, I. Nuryanto, dan S. D. Astuti, Pendidikan karakter: Alat peraga edukatif media interaktif. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[6] A. W. Rosarian dan K. P. S. Dirgantoro, “UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN [TEACHER’S EFFORTS IN BUILDING STUDENT INTERACTION USING A GAME BASED LEARNING METHOD],” JOHME, vol. 3, no. 2, hlm. 146, Mei 2020, doi: 10.19166/johme.v3i2.2332.
[7] M. Maswar, “STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYENANGKAN SISWA (MMS) BERBASIS METODE PERMAINAN MATHEMAGIC, TEKA-TEKI DAN CERITA MATEMATIS,” Alifmatika, vol. 1, no. 1, hlm. 28–43, Des 2019, doi: 10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43.
[8] Valeria Suryani Kurnila, “PERMAINAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR,” jpkm, vol. 8, no. 1, hlm. 120–125, Jan 2016, doi: 10.36928/jpkm.v8i1.94.
[9] C. C. Ompok dan A. Emison, “Permainan Matematik Untuk Kanak-Kanak Prasekolah,” MJSSH, vol. 6, no. 11, hlm. 181–189, Nov 2021, doi: 10.47405/mjssh.v6i11.1155.
[10] N. Siregar dan W. Lestari, “Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar,” JM, vol. 2, no. 2, hlm. 1, Apr 2018, doi: 10.26486/jm.v2i1.427.
[11] Raihana, “Peningkatan Pemahaman Program Bermain Anak Indoor Dan Outdoor Di Desa Koto Tuo Kecamatan Batang Peranap,” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, vol. 4, Mei 2020.
[12] A. AP, “Mengubah Paradigma Siswa SD terhadap Matematika yang Sulit dan Membosankan,” radarsemarang.jawapos, Semarang, 30 April 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721379351/mengubah-paradigma-siswa-sd-terhadap-matematika-yang-sulit-dan-membosankan
[13] N. Agustin, A. Anugrahana, dan A. Saptoro, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pasca Pandemi Covid 19 di SDN Ngluwar 3,” JPDK, vol. 4, no. 4, hlm. 2764–2769, Agu 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i4.5881.
[14] R. Rahaju dan S. R. Hartono, “PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI INDONESIA,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 2, Des 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i2.1977.
Published
2023-11-28
How to Cite
Ariyanti, N., Lutvi Azizah, N., & Nur Latifah, F. (2023). Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Kampung Matematika. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(2), 392-397. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i2.5117
Abstract views: 104 , PDF downloads: 90