Workshop Sertifikasi Pranata Laboratorium Untuk Guru Sains Tingkat SLTA Se-Provinsi Riau

  • Sri Hilma Siregar Universitas Muhammadiyah Riau
  • Prasetya Prasetya Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hasmalina Nasution Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmiwati Hilma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fitra Perdana Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmadini Syafri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jufrizal Syahri Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Laboratory institutions, competency certification, science teachers

Abstract

Saat ini banyak sekolah tingkat SLTA se-Provinsi Riau dan sekitarnya tidak memiliki pranata laboratorium pendidikan yang berkompeten dibidangnya. Hal ini menyebabkan banyak sekolah yang memiliki laboratorium tapi tidak digunakan secara maksimal,  dan siswa siswi tidak dapat melaksanakan praktikum yang semestinya di laboratorium. Laboratorium hanya menjadi tempat pajangan alat peraga dan instrumentasi. Berdasarkan hal tersebut, kami merasa perlu memfasilitasi  para  pranata laboratorium pendidikan   dengan  memberikan  pelatihan  pengelolaan dan penggunaan laboratorium untuk praktikum siswa siswi di sekolah. Sehingga dihasilkan lulusan yang berkompeten. Kegiatan dirancang dalam bentuk pengembangan wawasan keilmuan melalui pemberian berbagai teori selama 2 hari dan dilanjutkan dengan praktik dan penugasan pada 2 hari berikutnya. Materi yang diberikan kepada peserta diantaranya tentang inovasi hasil penelitian, pengenalan dan pengelolaan laboratorium, praktikum ciri-ciri reaksi kimia, hokum kekekalan massa, reaksi  zat makanan. pemahaman dan  kemampuan   guru   terhadap   materi   pelatihan,   yang  nantinya  dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan praktikum di laboratorium sekolah. Kegiatan  workshop  ini mendapat sambutan yang baik dari peserta dan berhasil dengan baik. Keadaan ini dapat dilihat dari kehadiran peserta yang hampir mencapai 100%. Peserta terdiri guru dan pranata laboratrium pendidikan ingkat SLTA se-Provinsi Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permenpan dan RB No.7 Tahun 2019, Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 07/V/PB/2019:1, 112, 2019.

Badan Standarisasi Nasional, "Implemetasi SI ISO/ISE 17025, 2017 in Badan Standarisasi Nasional, 2019.

Profil Jabatan Fungsional – Direktorat Jabatan Aparatur Sipil Negara Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian – BKN Tahun 2020

S. Harjanto, I, Gunawan, J. Jufriyah, "Kreatifitas Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) di Laboratorium dalam Rangka Menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi dengan Pembuatan Almari Pengering Sampel Beserta Hasil Ujinya". J Pengelolaan Lab Pendidik, Vol. 1(2):54–8, 2019.

S. .Surapranata, “Panduan Kerja Tenaga Laboratorium Sekolah atau Madrasah. Direktorat Pembin Tenaga Kependidikan Pendidik Dasar Dan Menengah Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementeri Pendidik Dan Kebud: [Internet]. 2017;100. Available from: https://goeroendeso.files.wordpress.com/2017/12/buku-panduan-kerja-tenaga-laboratorium-sekolah.pd

f 6] Badan Nasional Sertifikasi Profesi

S. Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Smk Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. Mei 2018, pp. 17–20, 2018.

Amien, J. A., Sunanto, , Soni, S., Mualfah, D. B., Fuad, E., & Wenando, F. A. (2018). Pelatihan cara teknik pengutipan dan cara menghindari tindakan plagiat bagi guru SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(2), 40–43.

Hayami, R; Soni, S; Fatma, Y; & Wenando, F. A. (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Sebagai Upaya Meningkatkan Publikasi Profil Kelurahan Tangkerang Selatan Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(November 2019), 230-233.

Published
2023-05-31
How to Cite
Siregar, S. H., Prasetya, P., Nasution, H., Hilma, R., Perdana, F., Syafri, R., & Syahri, J. (2023). Workshop Sertifikasi Pranata Laboratorium Untuk Guru Sains Tingkat SLTA Se-Provinsi Riau. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(1), 118-123. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i1.4932
Abstract views: 93 , PDF downloads: 114