Pengembangan Daya Tarik Wisata Pada Kawasan Wisata Air Terjun Kandua Raya

  • Feliksdinata Pangasih Politeknik Negeri Samarinda
  • Bhanu Rizfa Hakim Politeknik Negeri Samarinda
  • Anna Rulia Politeknik Negeri Samarinda
  • Muhammad Fauzan Noor Politeknik Negeri Samarinda

Abstract

Desa Kedang Ipil memiliki keindahan alam yang mempesona, terdapat beberapa air terjun yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal sejak dahulu. Sempat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada disekitarnya, air terjun Kandua Raya merupakan salah satu yang paling terkenal akan keindahan alamnya sehingga dijuluki sebagai niagara kedang ipil, sayangnya objek wisata ini sudah semakin tua dan mulai kehilangan daya tariknya karena termakan usia, fasilitas yang seadanya dan tidak ada pengembangan yang signifikan dalam kurun waktu yang cukup lama membuat air terjun “niagara” sedikit kehilangan pesonanya. Setelah terbentuk Pokdarwis Dewi Karya beberapa bulan terakhir yang diprakarsai anggota-anggota berjiwa muda menimbulkan hasrat untuk melakukan pengembangan. Dibutuhkan rencana yang cepat dan tanggap untuk dapat terlaksana pada pengembangan kawasan wisata tersebut, Kegiatan pengabdian ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pengembangan wisata pada kawasan tersebut terutama dengan pembangunan fasilitas berupa gerbang utama dan spot foto wisata alam yang menarik serta pengembangan pariwisata sebagai kelompok usaha berbasis masyarakat, sehingga dapat menghantarkan kawasan wisata alam air terjun Kandua Raya kembali bersinar seperti pada masa jayanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadliansyah J, Hendra M., “Keanekaragaman Burung di Beberapa Tipe habitat di Kawasan Objek Wisata Air Terjung Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Kalimantan Timur,” Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA UNMUL. Vol.4, pp. 1 – 4, 2019.

Hadiyatno D, Ernayani R, Indriastuty N., “Menumbuhkankembangkan Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Meningkatkan Wisata Daerah Di Desa Kedang Ipil,” J. Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi, vol. 01, pp. 6 – 14, 2018.

Arida, N. S., & Adikampana, M., Pengembangan Potensi Wisata Purbakala (Heritage Tourism) Berbasis Masyarakat Di Das Pakerisan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Analisis Pariwisata, vol. 16, pp. 9–15, 2016.

Wijaya, Sinar, & Dinata, Ramanda D. S., “Fenomena Foto Selfie dan Masyarakat Danau Buyan,” Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), vol.3, pp. 377 – 382, 2020.

Tazri, M. et al., “Pengelolaan Objek Wisata Desa Buluh Cina Untuk Meningkatkan Perekonomian Melalui Penambahan Sarana Dan Digital Marketing,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 5, pp. 149–154, Nov 2021.

Devy, Helln Angga, & R.B. Soemanto, “Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar,” Jurnal Sosiologi DILEMA, vol.32, pp. 34 – 44, 2017.

Utomo, Karyo Budi, Tulili, Tien Rahayu, & Noor, Muhammad Fauzan, “Pengembangan Website Desa Wisata Kedang Ipil Sebagai Media Informasi, Administraasi dan Promosi,” Jurnal Pengabdain Kepada Masyarakat (DIKEMAS), vol.4, pp. 2: 5 – 12, 2020.

Hakim, B. R. et al., “Pelatihan Autodesk Revit Bagi Komunitas Samarinda Young Architect Forum,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 5, pp. 5–11, Mei 2020.

Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2005 – 2025, 2005.

Published
2023-05-31
How to Cite
Pangasih, F., Hakim, B. R., Rulia, A., & Noor, M. F. (2023). Pengembangan Daya Tarik Wisata Pada Kawasan Wisata Air Terjun Kandua Raya . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 7(1), 48-55. https://doi.org/10.37859/jpumri.v7i1.4299
Abstract views: 136 , PDF downloads: 139