Edukasi Pengelolaan Sampah Plastik Di Kelurahan Tuahmadani: Dari Rumah Tangga Menjadi Ecobrick

  • Mufti Adli Universitas Muhammadiyah Riau
  • Norra Isnasia Rahayu Universitas Muhammadiyah Riau
  • Roky Hamdani Marbun Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: ecobrick; pengelolaan; rumah tangga; sampah plastik

Abstract

Permasalahan sampah selalu menjadi hal menarik yang tidak pernah habis untuk dicarikan solusinya. Salah satunya sampah plastik kemasan yang banyak digunakan oleh masyarakat dan tidak dapat terurai kembali oleh alam. Sejalan dengan isu SDGs bahwasanya Indonesia merupakan negara yang membuang sampah plastik terbanyak nomor dua di dunia setelah China. Hal ini sangat membahayakan keindahan alam laut Indonesia yang sangat luas, dan merusak ekosistem yang sangat beragam.Sampah plastik yang ada yang berasal dari limbah rumah tangga, ternyata dapat dimanfaatkan secara mudah dan murah menjadi Ecobrick. Ecobrick adalah istilah untuk hasil pengelolaan sampah plastik menjadi sebuah bata yang dapat dijadikan barang berguna seperti kursi atau meja. Kegiatan pelatihan pengelolaan sampah plastik ini dilaksanakan untuk para ibu rumah tangga di Kelurahan Tuahmadani,Kota Pekanbaru agar mengetahui kegunaan sampah plastik yang bisa didaur ulang untuk dimanfaatkan menjadi barang yang berguna. Selain itu juga untuk memberikan kesadaran akan pentingnya memilah sampah rumah tangga agar membantu kelestarian alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hayami, R; Soni, S; Fatma, Y; & Wenando, F. A. (2019). Pelatihan Pengelolaan Website Sebagai Upaya Meningkatkan Publikasi Profil Kelurahan Tangkerang Selatan Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(November 2019), 230-233.

Published
2022-11-30
How to Cite
Adli, M., Rahayu, N. I., & Marbun, R. H. (2022). Edukasi Pengelolaan Sampah Plastik Di Kelurahan Tuahmadani: Dari Rumah Tangga Menjadi Ecobrick . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 227-232. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4179
Abstract views: 118 , PDF downloads: 149