Modifikasi Pendidikan Anak di Era (E-sport) Menggunakan Model Fun Outdoor Learning

  • Desy Mairita Universitas Muhammadiyah Riau
  • zulhendra hendra 085363107293
  • Refitri Bunga Kelana Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pendidikan, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Belajar Diluar Kelas, Permainan Tradisional

Abstract

Melihat permasalahan anak-anak pada masa ini minimnya atensi bersosialisasi sebab anak masa ini lebih tertarik bermain esport dan kerap sekali anak pada era ini tidak mengetahui manfaat dari alam sekitarnya, sehingga pada suatu masa akan berdampak pada penurunan rasa empati anak kepada lingkungan. Dengan diangkatnya tema Desa Tangguh Pendidikan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan anak-anak khususnya di lingkungan Kelurahan Tangkerang Labuai RW 03 dapat saling mengenal masyarakat disekitar mereka, menumbuhkan jiwa sosialisasi kepada anak serta diharapkan mereka mampu menambah ilmu pengetahuan dan skill dengan jiwa yang dan bebas bahagia. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Kelurahan Tangkerang Labuai oleh kelompok 10 selama 33 hari akan menggunakan metode fun outdoor learning. Hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini di harapkan meningkatkan jiwa sosialisasi anak terhadap masyarakat, menambah wawasan serta kemampuan skill yang dimiliki dengan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. A. Alwahidi et al., “Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 2, Mar. 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i2.682.
[2] Nuraini Siti, “PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNINGTERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIRAPLIKATIF SISWA KELAS IV PADAPEMBELAJARAN TEMATIK diSDIT INSAN MANDIRI JAKARTA,” SKRIPSI, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2018.
[3] T. Sutrisno, L. Lestari, N. Septiana, and A. Nursobah, “Pelatihan Public Speaking Basic Kepada Siswa Kelas VI MI dan SD Di Desa Gedungan Kabupaten Sumenep Melalui Metode Demonstrasi,” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 5, no. 2, pp. 360–372, Sep. 2021, doi: 10.29407/ja.v5i2.15552.
Published
2022-11-24
Abstract views: 13 , PDF downloads: 10