Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading

  • Khusnul Fikri Prodi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yhovin Andeska Rahma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Anggi Andriani Rahfitra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sukma Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Minat Baca, Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk nyata dalam pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang ada di Universitas Muhammadiyah Riau. Dalam pemilihan masyarakat sasaran dalam program KKN, peserta KKN harus mampu melihat kondisi dan potensi masyarakat yang akan dituju, sehingga dalam penyusunan rumusan masalah tidak terdapat hambatan. Demikian juga dengan KKN tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Riau yang mengharuskan mahasiswanya untuk dapat mengembangkan kreativitas. Melihat perkembangan dunia teknologi informasi saat ini yang tidak selamanya berdampak positif, membuat praktisi pendidikan merasa khawatir. Salah satu kekhawatiran yang masih belum terobati yaitu rendahnya minat baca siswa sekolah di Indonesia. Tahun-tahun sebelumnya, ketika buku masih menjadi satu-satunya sumber bacaan, tidak membuat generasi Indonesia menjadikan kegiatan membaca sebagai satu kebutuhan dalam hidup. Terlebih lagi ketika dunia ini telah dikuasai teknologi informasi yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari berbagai media, peringkat Indonesia dalam hal membaca masih sangat rendah. Kini, buku bukan menjadi beban dengan hadirnya buku eleltronik yang bisa diakses kapanpun, dimanapun, dan dalam situasi apapun. Kegiatan membaca tidak menjadi prioritas di negeri ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, An Nisa dan Ariyani, Y. D. 2017. “Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa SD Kelas Awal melalui Pop Up Book.”
Handayani, G., Adisyahputra, A., & Indrayanti, R. (2018). Correlation between integrated science process skills, and ability to read comprehension to scientific literacy in biology teachers students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 22-32.
Wulanjan Nisma, Anggraeni Wahyu. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar.”
Published
2022-11-30
Abstract views: 35 , PDF downloads: 19