Strategi peningkatan Proses Produksi dan Pemasaran pada Usaha Mikro Kerupuk Sumber Rejeki

  • Sunanto Sunanto
  • Rudy Asrianto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ari Andriyas Puji Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Kerupuk; Produksi; Pemasaran; Desain; Aplikasi.

Abstract

Krupuk adalah makanan kas Indonesia yang terbuat dari berbagai tepung dan kombinasi bahan  protein  lainnya.  Usaha  Kerupuk  Sumber  Rejeki  yang  beralamat  di  Jl.Guru  No.11  RT/RW:003/009 Kelurahan Sidomulyo Barat Kec.Tampan Kota Pekanbaru adalah suatu bentuk usaha mikro bidang kerupuk yang telah berdiri pada tahun 2008.   Semenjak pademi covid 19 Usaha Kerupuk Sumber Rejeki mengalami penurunan omset. Proses pemasaran yang tidak dapat dijangkau langsung oleh konsumen menurunkan omset pada saat pemerintah melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pada saat WFH masyarakat tidak berani keluar rumah sehingga makanan pokok saja yang dikonsumsi kerupuk mulai di tingalkan sehingga pemilik Usaha Kerupuk Sumber Rejeki terpaksa harus memberhentikan semua karyawannya. Untuk mempertahankan usaha kerupuk tersebut pemilik menjalankan usahanya sendiri dibantu anggota keluarga.  Selain peralatan produksi yang seadanya segmentasi pasar pun berebut dengan produsen kerupuk besar. Desain kemasan yang standar dan tidak menarik menjadi faktor menurunnya minat masyarakat untuk membeli kerupuk tersebut. Untuk mengatasi permasalahan mitra dibutuhkan beberapa kepakaran untuk membantu merancang, mendesain dan menyediakan peralatan produksi, untuk menembus segmentasi pasar yang lebih luas disiapkan sebuah aplikasi bernama kerupuk-Ku agar dapat menjangkau pasar yang luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. A. Hamami, S. Satriardi, and A. A. Puji, “Redesign Kompor Ergonomis Menggunakan Konversi Bahan Bakar Dengan Metode Value Engineering,” Performa Media Ilm. Tek. Ind., vol. 19, no. 2, pp. 231–246, 2020, doi: 10.20961/performa.19.2.44217.
[2] A. Nurmalasari and M. R. Effendi, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Salah Satu UMKM Desa Binangun Kota Banjar,” J. Proc., vol. 1, no. XXXVI, pp. 54–63, 2021, [Online]. Available: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/527.
[3] A. A. Puji and V. Engraini, “Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2196.
[4] S. Kasus, S. M. A. Muhammadiyah, I. Al Rasyid, D. Winarso, and R. Asrianto, “analisis tingkat kepuasan pengguna terhadap penerapan learning management system ( lms ) ujian online menggunakan metode e-servqual Keywords : Analisis Kepuasan Pengguna , Learning Management System ( LMS ), ujian online , E-Servqual , Siswa / I SMA Muham,” pp. 80–85.
[5] M. Mataram, N. A. Bahry, and A. S. Nurrohkayati, “Perancangan Mesin Spinner Peniris Minyak Untuk Olahan Keripik Dengan Menggunakan Software Dassault Systemes Soliwork,” Pros. Semin. Nas. Unimus, vol. 3, pp. 942–947, 2020.
[6] Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, “Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 22 Tahun 2019 Tentang Informasi Nilai Gizi Pada Label Pangan Olahan,” Badan Pengawas Obat dan Makanan, vol. 53, pp. 1689–1699, 2019.
[7] Y. Karsono, N. S. Palupi, and D. R. Adawiyah, “Penyederhanaan Informasi Nilai Gizi Pangan Olahan Menggunakan Indeks Nutrient-Rich Foods,” J. Mutu Pangan Indones. J. Food Qual., vol. 8, no. 1, pp. 34–42, 2021, doi: 10.29244/jmpi.2021.8.1.34.
Published
2022-11-16
How to Cite
Sunanto, S., Rudy Asrianto, & Puji, A. A. (2022). Strategi peningkatan Proses Produksi dan Pemasaran pada Usaha Mikro Kerupuk Sumber Rejeki . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 106-113. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4145
Abstract views: 155 , PDF downloads: 135