Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Elemen Interior Bagi Anak Panti Asuhan Áisyiyah Al Walidaturrahmah Kota Samarinda

  • Mafazah Noviana Politeknik Negeri Samarinda
  • Zakiah Hidayati Politeknik Negeri Samarinda
  • Nur Husniah Thamrin Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: Panti asuhan, barang bekas, interior

Abstract

Panti Asuhan Aisyiyah Al-Walidaturrahmah  merupakan salah satu panti asuhan yang berada di Kota Samarinda yang diperuntukkan bagi anak-anak yang tidak mampu agar mendapat penghidupan yang lebih layak serta mendapat pendidikan, kasih sayang yang dapat menjadi bekal di masa datang. Memberi pendidikan berupa pelatihan keterampilan merupakan salah satu upaya untuk  membentuk karakter dan kreatifitas anak-anak panti asuhan. Salah satu pelatihan yang diberikan yaitu Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas berupa kaleng cat 25 kg bekas yang dijadikan menjadi elemen interior. Pelatihan ini bertujuan bukan hanya untuk meningkatkan karakter dan kreatifitas anak-anak panti asuhan akan tetapi juga untuk mengurangi limbah kaleng cat bekas. Masyarakat umumnya hanya langsung membuang limbah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), limbah terdiri dari berbagai macam unsur yang tidak seluruhnya bisa terurai. Pengolahan limbah yang tidak bisa terurai salah satunya kaleng cat bekas yang memiliki potensi menjadi kursi sebagai  elemen interior yang bernilai jual ekonomis dan dapat menjadikan ruangan menjadi lebih menarik. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu metode ceramah, demonstrasi, praktik dan tanya jawab. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan tanggapan positif dari peserta dan pengurus panti asuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Purwanto, S. Wahyuni and I. S. Mahyuda, "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Daur Ulang Barang Bekas Di Rw 007 Desa Tanah Merah," Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, vol. 5, pp. 184-187, 2021.
K. R. P. Giri and N. W. A. Utami, "Pemanfaatan Barang Bekas Melalui Sosialisasi dan Workshop Kreativitas Di Panti Asuhan Yayasan Rumah Impian," Jurnal Lentera Widya, pp. 8-14, Desember 2019.
M. T. Riyanti, "Pemanfaatan Kaleng Bekas Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Pada Guru Sekolah Luar Biasa di DKI Jakarta," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, pp. 64-69, 2020.
M. Mandaka, "Pemanfaatan Limbah Sampah Sebagai Elemen Interior di Kelurahan Tandang Semarang," Majalah Inspiratif, vol. 8, 2019.
N. H. Thamrin and M. Noviana, "Pendampingan Pembuatan Mural Sebagai Upaya Perbaikan Visual Kawasan Loa Buah Samarinda," Aksiologiya, pp. 91-99, Februari 2020.
M. F. Hadi, R. Darwin, D. Widiarsih, M. Hidayat, N. Murialti and M. Asnawi, "Pemanfaatan Barang-barang Bekas yang Bernilai Ekonomi Bagi Peningkatan Produktivitas Jiwa Enterpreneur Ibu Rumah Tangga RT.01/RW.12 Desa Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir," Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI, vol. 1, no. 1, pp. 42-47, 2017.
Y. Yarnita, T. S. Kusumaningrum, I. P. Gasril, M. J. Widiyanto, W. Norlita and C. , "Pelatihan Kesehatan Tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) Serta P3K di SMAN 05 Tapung Kab. Kampar," Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegerRI, vol. 2, no. 1, pp. 25-28, 2018.
Z. Hidayati and C. O. H. Simanjuntak, "Pelatihan Kreasi Tas Goni dari Limbah Pasar Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Produk," Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, vol. 3, pp. 134-139, 2019.
Published
2022-11-21
Abstract views: 10 , PDF downloads: 10