Peningkatan Kualitas Keamanan di Pondok Pesantren Khairul Ummah Pekanbaru Melalui Pembuatan Penerangan Berteknologi Surya dan LED

  • Suwitno Universitas Riau
  • Fri Murdiya Universitas Riau
  • Ari Sandhyavitri Universitas Riau
  • Iswadi Hasyim Rosma Universitas Riau
Keywords: LED, Solar Panel, Lux, Tiang Penyangga

Abstract

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyraakat skema kemitraan, dosen Fakultas Teknik bersinergi dengan kegiatan Kukerta mahasiswa Universitas Riau melakukan program penambahan sistem penerangan di akses gerbang masuk dan keluar serta lingkungan Masjid yang sebelumnya redup.  Direncanakan penerangan lsitriknya menggunakan lampu led berteknologi sel surya  yang tingkat pencahayaan sesuai ketentuan Direktorat Jendral Bina Marga dan Pembinaan Jalan Kota sebesar 11-20 Lux. Untuk memenuhi kriteria tersebut dipilih sistem penerangan dengan tinggi tiang menyangga solar panel 6 meter, lampu led 60 W, dan daya solar panel 60 WP, dengan jangkauan penerangan dari titik bawah lampu radius 6 meter. Selama kegiatan proses pemasangan lampu penerangan yang dimulai dengan penggalian tanah untuk pondasi tiang penyangga, merakit solar panel 60 WP denganlampu LED 60 W, mendirikan tiang dan pengecor pondasi terlaksana dengan baik. Hasil pengukuran tingkat pencahayaan lampu dari titik bawah lampu radius 6 meter  diperoleh  11 lux – 28 lux. Ini menunjukkan pemasangan lampu LED 60 W dengan catu daya solar panel 60 Wp dengan ketinggian lampu 7meter dari permukaan tanah menghasilkan tingkat pencahayaan yang sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. Mei 2018, pp. 17–20, 2018.
[1] Suwitno,dkk, ”Penerapan Teknologi inverter tiga fasa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Rnok Kanupaten Indragiri Hilir”, Laporan Pengabdian Maret 2006.
[2] Budi Anto, dkk, ”Program Konversi Lampu Minyak Tanah ke Lampu LED Bertenaga Baterai Akumulator untuk pencahayaan usaha kulinier keliling di Kelurahan Sekip Lecamatan Limapuluh Pekanbaru”, Laporan Pengabdian Desember 2015.
[3] Suwitno, dkk,”Program mesin pompa air bertenaga surya untuk Panti Asuhan Taroak Putih Tujuh di Desa Pematang Tebih Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Pekanbaru”, Laporan Pengabdian September 2018.
[4] Pembangkit Listrik tenaga Surya untuk pompa air di panti asuhan di kabupaten Rokan Hulu dan program penerangan lampu jalan di Desa Simpang Petai Kabupaten Kampar Pekanbaru Propinsi Riau”, Laporan Pengabdian Nopember 2020.
[5] Spesifikasi lampu penerangan jalan perkotaan no. 12/S/BNKT/ 1991, Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Pembinaan Jalan Kota buku disahkan Februari 1992 " .
Published
2022-11-15
Abstract views: 10 , PDF downloads: 21