Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris Online Yang Efektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogis Guru

  • Debora Tri Ragawanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustina Priska Kisnanto Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: pengabdian kepada masyarakat, lokakarya daring, bimbingan singkat, desain pembelajaran daring

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi para peserta guru dalam meningkatkan kemampuan pedagogis mereka untuk merancang pembelajaran Bahasa Inggris online yang efektif dan menarik. Peserta kegiatan ini adalah 25 guru bidang studi Bahasa Inggris di SD-SMP-SMA Terpadu Pahoa, Tangerang, Indonesia. Program ini terdiri dari empat fase, meliputi: analisis kebutuhan, perancangan materi pelatihan, lokakarya dan coaching clinic, dan evaluasi. Fase analisis kebutuhan dilakukan melalui interview dan survei; hasil analisis ini digunakan untuk merancang materi lokakarya dan coaching clinic di fase kedua. Pada fase ketiga, sesi lokakarya dan coaching clinic dilakukan secara daring menggunakan Google Meet; pada saat sesi diskusi kelompok, peserta dibagi ke dalam breakout rooms. Evaluasi melalui diskusi yang reflektif dengan penyelenggara program dilaksanakan pada fase keempat. Sebagai kesimpulan, program ini dapat menjawab kebutuhan para peserta guru dalam merancang pembelajaran Bahasa Inggris daring yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, koheren, dan menarik. Selain itu, melalui program ini para peserta guru dapat merancang pembelajaran Bahasa Inggris daring berdasarkan prinsip pembelajaran efektif dan learning engagement dengan lebih baik. Dengan berdasarkan analisis kebutuhan guru, program pelatihan profesi guru semacam ini dapat terlaksana secara lebih efektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yustina Priska Kisnanto, Universitas Kristen Satya Wacana

Ms. Yustina is a lecturer at the English language Education Department, the Faculty of Language and Arts.

References

[1] Frydenberg, M. E., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills. IEEE’s International Conference on Information Society, London, 27-29 June 2011, 314-318.
[2] Stošic, L. (2015). The importance of educational technology in teaching. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1), 111-114. doi:10.23947/2334-8496-2015-3-1-111-114.
[3] Evans, D. (2021). Education technology for effective teachers. Retrieved September 9, 2021, from https://www.cgdev.org/publication/education-technology-effective-teachers.
4. [4] Friedman, J. (2020). Tackle Challenges of Online Classes Due to COVID-19. Retrieved August 24, 2021, from https://www.usnews.com/education/best-colleges/articles/how-to-overcome-challenges-of-online-classes-due-to-coronavirus
[5] Federicks, A. F., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109.
[6] Trowler, V. (2010). Students engagement literature review. The Higher Education Academy.
[7] English with Cambridge. (July 10, 2020). Teaching English online to young learners [Video]. YouTube. https://youtu.be/LHCbNzV50BU
[8] Milkova, S., Strategies for effective lesson planning,(E-Article),University of Michigan: Center for Research on Learning andTeaching,2016, Available: http://www.crlt.umich.edu/gsis/p2_5. [Accessed date, 17 March 2016].

[9] Muray, D.E. & Christison, M.A. (2011). What English language teachers need to know: Volume II. New York: Routledge
[10]Taylor, L. & Parsons, J. (2011). Improving student engagement. Current Issues in Education,14(1), 1-33.
[11] Wilson, D. L., & Conyers, M. A. (2011). 60 Strategies for Increasing Student Learning. Orlando, FL: BrainSMART.
Published
2022-11-10
Abstract views: 17 , PDF downloads: 17