Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Kompetensi untuk Tenaga Kerja Bidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah

  • Muhammad Ridha Fauzi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hamzah Eteruddin Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning
  • Usaha Situmeang Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning
  • Suwitno Suwitno Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Yolnasdi Yolnasdi Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Ahmad Kafrawi Nasution Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pelatihan, pendampingan, sertifikasi kompetensi, instalasi pemanfaatan tenaga listrik, kompeten

Abstract

Untuk bisa bersaing di tingkat global, tenaga kerja harus memiliki sertifikat kompetensi.Tenaga kerja tidak bisa lagi hanya dengan mengandalkan ijazah, sertifikat kursus, dan lain sebagainya. Sertifikat kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi kerja seseorang pada bidang tertentu melalui uji kompetensi secara sistematis dan obyektif yang dilaksanakan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP) dan telah mendapatkan lisensi dari badan nasional sertifikasi kompetensi (BNSP). Sementara itu banyak tenaga kerja di Provinsi Riau yang belum punya dan belum tahu dengan sertifikat kompetensi tersebut, khususnya di bidang instalasi pemanfaatan tenaga listrik. Oleh karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan untuk mereka. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan pemahaman tenaga kerja menghadapi uji sertifikasi kompetensi agar kompeten dan bisa bersaing di bursa kerja. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan dengan tahapan pre-test, pembekalan, observasi, post test, dan wawancara. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 7 peserta. Selama kegiatan berlangsung terlihat pelatihan dan pendampingan ini telah terlaksana dengan baik. Sedangkan dari hasil penilaian yang dilakukan terdapat 86% peserta memperoleh nilai ≥ 70, artinya 6 dari 7 peserta berhasil kompeten. Ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap  jika dibandingkan dari hasil pre-test sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Susanna Dwi Yulianti Kusuma, “Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Siswa di Bidang TIK Berbasis SKKNI pada SMK YPUI Parung”, KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 2020, Vol. 1 No. 3, Hal. 123-130.
[2] https://gatrik.esdm.go.id
[3] Andersen D. Prok, Hans Tumaliang, Martinus Pakiding, “Penataan dan Pengembangan Instalasi Listrik Fakultas Teknik UNSRAT 2017”, Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 7 No. 3, Juli-Oktober 2018, Hal. 207-218.
[4] https://skttkdjk.esdm.go.id/
[5] Hendra Jatnika, “Perancangan Sistem Informasi Peserta Sertifikasi”. PETIR: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, Vol. 9 No. 2, Sept. 2016, Hal. 138-143.
[6] Makaryanawati, Eka Ananta Sidharta, Ridoni Fardeni Harahap, Rizka Furqorina, “Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi Bagi Guru Akuntansi di Kota Malang”, PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, Vol.5, No.1, 2021, Hal. 23-29.
[7] Fery Hendi Jaya, Sari Utama Dewi, M. Fikri Akbar, “Pendampingan Online dalam Jaringan (Daring) Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung”, Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 2020.
[8] Kadek Nita Puri Rahayu, Agus Fredy Maradona, “Sertifikasi Konstruksi Tenaga Kerja: Antara Mengikuti Peraturan Pemerintah dan Membangun Kompetensi Bisnis”, Jurnal KINERJA, Vol. 17, No. 1, 2020, Hal. 45-51.
[9] Muji Slamet, Mulyoto, “Manajemen Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Kebumen”, Jurnal Media Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 2, Oktober 2021, Hal. 203-2013.
Published
2022-05-31
Abstract views: 173 , PDF downloads: 74