Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL)

  • Edi Ismanto
  • Vitriani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khairul Anshari Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Media Pembelajaran, E-modul, Project Based Learning (PjBL), Hybrid Learning

Abstract

Pandemi covid 19 membuat banyak perubahan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemerintah sudah mengizinkan kegiatan belajar tatap muka untuk sekolah-sekolah yang berada di zona hijau dan kuning, dengan serangkaian langkah-langkah persiapan dan protokol kesehatan yang ketat. SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang coba mengimplementasikan kebijakan pembelajaran  model hybrid learning yang dikombinasi dengan model pembelajaran project based learning (PjBL). Keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran project based learning (PjBL) menimbulkan sebuah permasalahan.Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dilakukan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbentuk e-modul. Metode kegiatan dilakukan dengan cara observasi, pelatihan pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan  focus group discussion (FGD), dan melakukan evaluasi dalam bentuk pretest dan postest pada peserta pelatihan. Dari hasil evaluasi dan monitoring terlihat peningkatan kopetensi pedagogic dan professional peserta sebesar 77.15%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. Murfiah, “Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar,” Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora), vol. 1, no. 1, pp. 57–69, 2017.

Z. Zainudin*, R. Wijayanti, and R. Faulina, “Efektivitas Pembelajaran Hiybrid Learning Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata kuliah IPA Kelas Rendah,” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 3, pp. 242–249, 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i3.22029.

E. E. Kurniawati, S. S. Sumarti, N. Wijayati, and M. Nuswowati, “Pengaruh Project Based Learning,” vol. 10, no. 2252, pp. 315–321, 2017.

L. T. Putri, H. Nuroso, and N. Khoiri, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma N 2 Semarang,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 38–43, 2018, doi: 10.26877/jp2f.v6i2.2590.

E. Ismanto and E. P. Cynthia, “Drill and Practice Model Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pembentukan Objek Primitif Sederhana Dua Dimensi,” Algoritma : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, vol. 6341, no. Vol 1, No 01 (2017): November 2017, pp. 18–23, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1304

H. Rusyada and M. Nasir, “Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” Jurnal basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 1714–1723, 2022.

R. Niswara, M. Muhajir, and M. F. A. Untari, “Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill,” Mimbar PGSD Undiksha, vol. 7, no. 2, pp. 85–90, 2019.

I. Magdalena, M. Nurul Annisa, G. Ragin, and A. R. Ishaq, “Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 150–165, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

E. Ismanto, M. Novalia, and S. Niah, “Pengembangan Konten e-Learning untuk Penguatan Pembelajaran Daring di Masa COVID 19,” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 76–83, 2020.

F. Wahida, N. Rahman, and T. Gonggo, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Parigi,” Sains dan Teknologi Tadulako, vol. 4, no. 3, pp. 36–43, 2015.

C. Montolalu and Y. Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test),” d’CARTESIAN, vol. 7, no. 1, p. 44, 2018, doi: 10.35799/dc.7.1.2018.20113.

R. Hayami, Y. Fatma, S. Soni, and F. A. Wenando, “Pelatihan Pengelolaan Website Sebagai Upaya,” vol. 3, no. 2, pp. 230–233, 2019.

Soni et al., “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang,” J. Pengabdi. Untuk Mu NegeRI, vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/361

J. Al Amien et al., “Pelatihan Pengutipan Dan Cara Menghindari Tindakan Plagiat Bagi Guru Smk Muhammadiyah 3 Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 2, no. 2, pp. 40–43, 2018, doi: 10.37859/jpumri.v2i2.878.

Published
2022-11-02
How to Cite
Ismanto, E., Vitriani, & Khairul Anshari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 17-24. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628
Abstract views: 1222 , PDF downloads: 1060