Belajar Mengenal Huruf, Membaca, dan Menulis Bersama Melalui 3P: Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Asli Papua

  • Miftah Fariz Prima Putra Universitas Cenderawasih
Keywords: anak putus sekolah, belajar membaca dan menulis, 3p (persiapan pembelajaran dan penguatan)

Abstract

Adanya anak putus sekolah dan kemudian kemampuan membacanya rendah merupakan sebuah masalah yang perlu diatasi. Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak yang putus sekolah di Kampung Yahim, Sentani, Jayapura, Papua. Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah dan mencapai tujuan kegiatan adalah belajar bersama melalui 3P, yaitu tahap Persiapan, tahap Pembelajaran, dan tahap Penguatan. Peserta kegiatan belajar bersama adalah anak-anak yang berada di Kampung Yahim, Sentani, Jayapura, yaitu teutama yang putus sekolah. Data kegiatan pengabdian dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan dan wawancara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan memulai dari belajar mengenal huruf, membaca, dan menulis sudah berjalan dengan baik. Anak-anak yang mengikuti kegiatan merasa senang dan gembira dengan kegiatan belajar bersama yang dilakukan. Namun sungguh pun demikian, diperlukan dukungan dan kerja sama dari orang tua, lingkungan tempat tinggal, pemerintah Kampung, dan tokoh masyarakat untuk membuat kegiatan tersebut dapat berjalan konsisten dan lebih efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. F. P. Putra, “Kreatif Atasi Angka Putus Sekolah,” Radar Bojonegoro, Jawa Pos, p. 6, 2014.
[2] BPS, Kabupaten Jayapura dalam angka 2020. Kabupaten Jayapura: BPS Kabupaten Jayapura, 2020.
[3] BPS, Kabupaten Jayapura dalam angka 2021. Kabupaten Jayapura: BPS Kabupaten Jayapura, 2021.
[4] BPS, Distrik Sentani dalam angka 2021. Kabupaten Jayapura: BPS Kabupaten Jayapura, 2021.
[5] M. F. P. Putra, “Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi, Locus of Control Dan Academic Self-Concept Mahasiswa Fik Uncen,” J. Sport Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2017, doi: 10.26740/jossae.v1n1.p1-7.
[6] B. Joyce and M. Weil, Models of Teaching, 5th ed. New Delhi: Prentice-Hall, Inc., 2003.
[7] B. Mulyana, “Hubungan konsep diri, komitmen dan motivasi berprestasi dengan prestasi renang gaya bebas,” Cakrawala Pendidik., vol. XXXII, no. 3, pp. 488–498, 2013.
[8] N. Hoerniasih, “Lifelong Learning Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kemandirian Berwirausaha,” Indones. J. Adult Community Aducation, vol. 1, no. 1, pp. 31–39, 2019.
Published
2022-05-31
Abstract views: 52 , PDF downloads: 41