Pelatihan Pembuatan Website Sederhana Dalam Pemasaran Produk dengan Aplikasi Joomla Bagi UMKM LPM Rempoa

  • Rizki Aulianita Universitas Nusa Mandiri
  • Khoirun Nisa Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri
  • Syifa Nur Rakhmah Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri
  • Norma Yunita Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri
Keywords: Kata Kunci: Pelatihan, Aplikasi Joomla, UMKM, Penjualan, Pemasaran

Abstract

Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM)  merupakan tonggak pergerakan ekonomi masayarakat saat ini. Namun tidak sedikit juga UMKM yang gulung tikar akibat pandemic Covid-19. UMKM  pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Rempoa merupakan Lembaga yang sudah berdiri sejak lama namun belum adanya penerapan teknologi secara optimal dalam pemasaran produk barang dagangan. Selama ini pemesaran atau distribusi barang dagang dilakukan secara offline menggunakan sarana seadanya. Sehingga menimbulkan permasalahan seperti kurang berkembangnya UMKM yang tidak dapat berekspansi maupun berinovasi khususnys dalam penerapan teknologi, pangsa pasar sempit dan modal yang terbatas. Untuk itulah penulis mengangkat permasalahan ini dengan melakukan pelatihan penggunaan website sederhana menggunakan aplikasi Joomla bagi UMKM LPM Rempoa. Data yang diperoleh berdasarkan kuisioner. Hasilnya adalah 80% para UMKM menjadi lebih melek teknologi dan berusaha untuk diterapkan di pemasarannya masing-masing

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] "kominfo.go.id," [Online]. Available: (https://kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media).
[2] V. M. M. Siregar, "PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN PRODUK," Technology Acceptance Model, vol. 9(1), pp. 15-21, 2018.
[3] R. Subariah, G. N. Persada, D. Maulana, A. J. Sari, D. Fitriani, M. W. Kemal and S. Andaruni, "PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE MENGGUNAKAN CMS," Journal Abdimas Indonesia, vol. 1(2), pp. 61-66, 2021.
[4] A. A. Wahid, "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem," Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, pp. 1-5, 2020.
[5] R. Hidayat, S. Marlina and L. D. Utami, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis," Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) , pp. 175-183, 2017.
Published
2022-05-31
Abstract views: 52 , PDF downloads: 44