Penguatan Psikologis Bagi Guru Dan Wali Murid Tk Aba Komplek Masjid Perak Dalam Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh

  • Andhita Dyorita Khoiryasdien Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Ratna Yunita Setiyani Subardjo Setiyani Subardjo Program Studi S1 Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora
Keywords: Covid-19, Guru, Wali Murid, Penguatan Psikologis

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada segala aspek kehidupan seperti kesehatan, Pendidikan dan psikologis. Dibutuhkan adanya penyesuaian untuk bisa bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan. Perubahan metode pembelajaran menjadi permasalahan utama dalam aspek Pendidikan, dialami juga oleh TK ABA Komplek Masjid Perak. Pembelajaran yang tadinya dilakukan secara offline atau tatap muka harus berubah menjadi sistem pembelajatan jarak jauh. Penyesuaian diri diperlukan oleh guru dan orangtua murid agar system pembelajaran dapat berjalan efektif. Akan tetapi, realitanya banyak guru dan orangtua yang kesulitan dalam mendampingi anak dalam kegiatan belajar jarak jauh. Kondisi stress, burnout, kesulitan memahami teknologi menjadi hal yang tidak terhindarkan. Oleh karena itu diberikan program yang bertujuan untuk membantu memberikan edukasi mengenai pandangan baru metode pembelajaran di era new normal, manajemen stress dan emosi untuk mencegah dan menghindari burnout pada wali murid, psychological first aid untuk guru dan wali murid agar saling menguatkan dan saling memberikan pertolongan serta achievement motivation training untuk mengembalikan spirit guru dan wali murid untuk terus bersinergi demi tujuan bersama. Setelah mengikuti proses rangkaian mini workshop tersebut, sebesar 95% peserta dapat memahami materi yang diberikan, merasakan manfaat dan menemukan solusi dari permasalahan yang dialami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyatin, Y., Heriyanto, & Nabila. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pandangan Siswa MI AL-FALAH Dakiring-Bangkalan. Al-Ibrah.
Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). PARENTING STRESS PADA ORANGTUA BEKERJA DALAM MEMBANTU ANAK BELAJAR DI RUMAH. PSYCHE: Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.322
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Jatira, Y. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Megawati Wulan Sri, D. (2021). Meningkatkan Peran Keluarga Dalam Tanggap Darurat bencana pandemik Covid-19. Abdimas Siliwangi.
Palupi, T. N. (2021). Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah
Published
2022-11-01
Abstract views: 21 , PDF downloads: 20