Sosialisasi Manfaat Dan Efek Samping Penggunaan Kontrasepsi Pada Wanita Usia Subur Di Masa Pandemi

  • Dina Sulviana Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hamidah Hamidah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: manfaat, efek samping, kontrasepsi

Abstract

Kondisi pandemic covid-19 yang masih berlangsung saat ini, berdampak hampir di semua aspek kehidupan salah satunya adalah dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan KB. Capaian peserta KB baru mengalami penurunan secara signifikan pada bulan april dan mei karena dampak dari wabah covid-19. Hal ini mendorong kami sebagai tenaga kesehatan melakukan kegiatan yang berbasisi promotif dengan memberikan edukasi kembali kepada para wanita usia subur untuk mengetahui dan memahami tentang jenis kontrasepsi, manfaat, efek samping penggunaan kontrasepsi. Metode pelaksanaan kegiatan dengan metode ceramah atau seminar online (dengan media g-meet) yang melibatkan akseptor KB di Lingkungan Klinik Pratama Auditya Medika Jakarta Pusat dengan tujuan menguatkan kembali tingkat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya melakukan kontrasepsi, demi menjaga kesehatan reproduksi, kesehatan keluarga dan kualitas hidup yang lebih baik. Sehingga pelaksanaan KB tetap dapat berjalan dengan semestinya, dan dapat mengurangi angka drop out serta angak kejadian unmetneed yang mulai tinggi selama Pandemi di Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. BKKBN. Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. In: 5. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan; 2015.
2. Sulistyawati. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika; 2011.
3. Kemenkes. Laporan Kinerja Kementrian Kesehatan Tahun 2020. Kemenkes. 2021;1–209.
4. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. InfoDATIN : Situasi dan Analisis Keluarga Berencana. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. 2014. hal. 1–6.
5. BKKBN. Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Menggapai Bonus Demografi. J Popul. 2015;2(1):102–14.
6. Hamidah H, Damayanti DS, Pusat J. The effect of 3 months contraceptive injection on the body mass index of women of reproductive age in the Midwifery Independent Practice of Central Jakarta. 1856;7642:249–55.
7. Maharani A. Survei BPS: Peserta KB di Indonesia terus menurun. www.lokadata.id. 24 April 2021;
8. Jidar M. Determinan Kejadian Unmet Need KB Pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Sulawesi Selatan (Perbandingan Antara Wilayah Urban dan Rural). 2018;222. Tersedia pada: http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YmNiYTQzNjE4NGQwYTNiZTE4MDY2MjM5YzZmZmQ3MmU0MzM1YzM5ZA==.pdf
Published
2022-06-01
Abstract views: 108 , PDF downloads: 56