Edukasi Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM di Pasar Kumbasari

  • DwiCahyani Made Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani Universitas Pendidikan Nasional
  • A.A. Ngr Eddy Supriyadinata Gorda Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Digital Marketing, UMKM, Covid - 19

Abstract

Bali merupakan ikon pariwisata Indonesia yang terkenal hingga manca negara dengan keunikan budaya serta keindahan alamnya yang membuat Bali sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Menyebabkan banyak masyarakat Bali mencari nafkah di bidang pariwisata. Tetapi saat ini, sektor pariwisata Indonesia khususnya Bali mengalami penurunan yang signifikan diakibatkan dari adanya pandemi Covid – 19 yang menggangu aktivitas masyarakat dunia. Mengakibatkan banyak masyarakat Bali yang kehilangan penghasilan khususnya UMKM pada bidang penjualan oleh – oleh khas Bali. Sehingga hal tersebut menjadi tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu membantu UMKM dalam meningkatkan hasil penjualan yang menurun akibat dari adanya pandemi Covid – 19. Dengan metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa observasi, edukasi, dan pelatihan digital marketing pada UMKM. Dan hasil dari kegiatan yaitu telah dilakukannya edukasi dan pelatihan digital marketing pada UMKM di Pasar Kumbasari dan meningkatnya pemahaman dan kemampuan pada UMKM mengenai penggunaan digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Bakhri and V. Futiah, “Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Loyal. Sos. J. Community Serv. Humanit. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, p. 59, 2020, doi: 10.32493/jls.v2i2.p59-70.
[2] F. Mansir and H. Purnomo, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul,” Abdimas Singkerru, vol. 1, no. 1, pp. 39–50, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33.
[3] D. D. Fakhriyyah, Y. Wulandari, and C. Kharisma, “Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk Pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19,” Jp2M, vol. 1, no. 4, pp. 311–317, 2020.
[4] Q. R. Hamidah, A. T. P. Sejati, and A. Z. Mujahidah, “The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 2, no. 1, p. 345, 2019, doi: 10.20961/shes.v2i1.38431.
[5] T. Hanifawati and R. S. Listyaningrum, “Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online,” War. LPM, vol. 24, no. 3, pp. 412–426, 2021, doi: 10.23917/warta.v24i3.12615.
[6] D. Harto, S. R. Pratiwi, M. N. Utomo, and M. Rahmawati, “Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 3, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.30595/jppm.v3i1.3033.
[7] Beefreetour, 2022 "Pasar Kumbasari", https://www.befreetour.com/id/attraction/Bali/pasar-kumbasari diakses pada 1 Februari 2022
Published
2022-06-01
How to Cite
Made, D., Ni Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, & A.A. Ngr Eddy Supriyadinata Gorda. (2022). Edukasi Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM di Pasar Kumbasari. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 110-116. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3426
Abstract views: 268 , PDF downloads: 192