Pendampingan Pembelajaran Matematika di UPT SDN 36 Gresik

  • Wilda Mahmudah Universitas Qomaruddin
  • Roisatun Nisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
  • MuhammadJamaluddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
  • Illah Winiati Triyana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
  • Ika Victoria Nalurita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin
Keywords: kesalahan konsep, literasi numerasi, pembelajaran matematika

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar ilmu pengetahuan yang penerapannya banyak ditemui dalam kehidupan. Matematika berperan dalam mengasah pola pikir dan daya nalar. Oleh karena itu matematika harus diajarkan dan dikuasai anak sejak dini, mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun berdasar hasil survey PISA, pembelajaran matematika di Indonesia belum terlaksana dengan baik. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya kesalahan konsep. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan kegiatan pendampingan pembelajaran matematika  dengan tujuan untuk mengatasi kesalahan konsep siswa. Kegiatan pendampingan dilaksanakan di UPT SDN 36 Gresik dengan sasaran guru dan siswa. Pendampingan dilakukan dengan pendekatan pembinaan literasi numerasi siswa, pembinaan guru terkait pentingnya pemahaman konsep sekaligus diskusi untuk mengatasi kesalahan konsep yang ditemukan pada siswa dan juga permasalahan yang dihadapi guru ketika pembelajaran matematika, dan memfasilitasi konsultasi secara berkesinambungan terkait materi maupun pembelajarannya. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober 2021 sampai Januari 2022. Beberapa kesalahan konsep yang ditemui dan dibenahi ketika pendampingan adalah konsep operasi bilangan, KPK dan FPB, bangun datar, dan bangun ruang. Dari kegiatan pendampingan diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya kesalahan konsep adalah karena kurangnya alat peraga atau media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan pengabdian dosen dengan tema pendampingan pembelajaran matematika ini mendapat respon positif dari bapak ibu guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] E. M. Rosyida, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 10, pp. 973–981, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
[2] R. Marsitin, “Dicovery and Link Map Learning on Mathematical Connection,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2018), no. September, pp. 273–281, 2018, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/632/584.
[3] A. F. Tonda, V. Suwanti, and T. R. Murniasih, “Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Silogisme, vol. 5, no. 1, pp. 19–24, 2020.
[4] C. Series, “The students ’ mathematical critical thinking skill ability in solving mathematical problems The students ’ mathematical critical thinking skill ability in solving mathematical problems,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1180/1/012015.
[5] A. Schleicher, “Insights and Interpretations,” Japanese J. Anesthesiol., vol. 1, p. 64, 2018.
[6] N. Nopita and T. Rosyana, “Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Melalui Pembelajaran Daring,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 4, pp. 883–890, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v5i1.179-186.
[7] V. K. Kota, “An Ontological Approach for Digital Evidence Search,” Int. J. Sci. Res. Publ., vol. 2, no. 12, pp. 2–5, 2012.
[8] majidah khairani, “Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix,” J. Iptek Terap., vol. 10, no. 2, pp. 95–102, 2016, doi: 10.22216/jit.2016.v10i2.422.
[9] A. Science, S. Pgri, S. Barat, I. Fkip, U. Muhammadiyah, and S. Barat, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MA KM MUHAMMADIYAH PADANG PANJANG Email : radhya_yusri1989@yahoo.co.id PENDAHULUAN Pendidikan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap perkemb,” vol. 1, 2017.
[10] A. A. Larasati, “Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …,” AL-Ahya, vol. 01, no. 01, pp. 219–232, 2019.
[11] S. T. Siska and R. M. Sari, “Analysis of Determination of Try Out Mathematics Skills of Students in Ipa 1 Sma N 1 Kecamatan With Clustering Methods-Means,” J. Ipteks Terap., vol. 2, pp. 106–112, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.lldikti10.id/index.php/jit/article/view/5376.
Published
2022-06-01
How to Cite
Mahmudah, W., Roisatun Nisa, MuhammadJamaluddin, Illah Winiati Triyana, & Ika Victoria Nalurita. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika di UPT SDN 36 Gresik . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 124-129. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3392
Abstract views: 290 , PDF downloads: 240