Inovasi Produk Berbahan Dasar Labu Kuning Sebagai Makanan Ringan Yang Lezat, Berprotein Tinggi, Dan Menjadikan Peluang Bisnis Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Patumbak

  • Tsania Maulida Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yuni Shara
  • Cici Ayu Wandira
  • Ayu Tifany Putri
Keywords: Donat Labu Kuning, Inovasi Produk & Kreatifitas

Abstract

Penelitian ini membahas tentang labu kuning untuk sebagai tambahan pada donat yang merupakan kue tradisional  Donat biasanya menggunakan kentang tetapi di inovasikan dengan labu kuning yang mempunyai banyak kandungan gizi, salah satunya yakni memiliki protein dan karbohidrat yang sangat tinggi, dan banyak memiliki zat yang baik untuk sehingga dapat dikomsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu labu kuning juga mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan resep donat labu kuning dan bagaimana daya terima konsumen terhadap donat labu kuning. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan dan sharing. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan formulasi resep yang sesuai untuk donat labu kuning menggunakan bahan tepung terigu sebagai dasar adonan yaitu 300 gr tepung terigu, 300 gr labu kuning, 60 gr mentega, 2 butir telur, 25 gr susu bubuk, 100 gr gula pasir, 11 gr pengembang, 100 ml air. Manfaat kesehatan dari donat labu kuning yaitu dapat mencegah kanker dan memelihara kesehatan jantung dibandingkan dengan kentang. Maka donat labu kuning dapat diterima konsumen untuk dikonsumsi.

Kata kunci : Donat Labu Kuning, Inovasi Produk & Kreatifitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati. Ratnawati. Widodo, Slamet. 2021. Inovasi Pembuatan Permen Dari Daun Cemba (Acacia Rugata) Untuk Meningkatkan Penganekaragaman Makanan Di Desa Gura Kabupaten Enrekang. Universitas Negeri Semarang.
Sulistyowati, Murni. Suwarni, Endang Sri. 2019. Pelatihan Teknik Pengolahan Dan Perluasan Pasar Melalui Inovasi Produk Olahan Berbahan Dasar Labu Kuning (Waluh) Di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Nusukan Surakarta. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3 No.1
Kusuma, Aretha Rahma. Aulia, Ferent Tasya. Gusnadi, Dendi. Karsiwi, Ratu Ratna Mulyati. 2021. Inovasi Produk Kue Wortel Berbasis Tepung Almond. Vol.7, No.5.
Payu, Citron Supu. Ismail, Yulinda Lubis. Kumaji, Syam Salim. 2017. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Petani Melalui Pengolahan Labu Kuning (Curcubita Mochata) Menjadi Produk Cemilan Di Desa Barakati Kabupaten Gorontalo. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 23, No 3.
Kamsiati, Elmi. 2010. Peluang Pengembangan Teknologi Pengolahan Keripik Buah Dengan Menggunakan Penggoreng Vakum. Journal Litbang Pertanian 29 (2).
www.fatsecret.co.id
Published
2022-06-01
Abstract views: 209 , PDF downloads: 138