PEMANFAATAN SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA NEGERI 2 KOTA PEKANBARU

  • Edi Ismanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Melly Novalia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pratama Benny Herlandy Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pengabdian, Media Pembelajaran, Smartphone Android.

Abstract

Pengabdian pada masyrakat yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan tenaga
pendidik yang mampu memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran.
Berdasarkan tujuan tersebut maka target konkrit yang ingin dicapai adalah
membangkitkan kompetensi guru untuk dapat mengembangkan produk media
pembelajaran berbasis smartphone. Untuk mencapai tujuan dan target dari kegiatan
pengabdian maka metode yang dilakukan adalah melalui kegiatan pelatihan dan
pendampingan secara berkala sehingga didapatkan kompetensi yang ingin dicapai yaitu
memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran. Rencana kegiatan yang
dilakukan meliputi Lokakarya dasar-dasar teknologi pembelajaran, Lokakarya
pekembangan smartphone dan pemanfaatannya, Lokakarya pemanfaatan smartphone
dalam bidang pendidikan, Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis
smartphone, Pelatihan publikasi dan produksi media pembelajaran berbasis smartphone,
Pelatihan pelaksanaan evaluasi produk media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Edi Ismanto, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Melly Novalia, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pratama Benny Herlandy, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Pendidikan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

[1] Minovic, M. (2012).
TRAILER project overview:
Tagging, recognition and
acknowledgment of informal
learning experiences.
[2] Gonzalez, M.A., Martin, M.E.,
Liamas, C., et al. (2015).
Teaching and learning physics
with smartphones. Journal of
Cases on Information
Technology, 17, 31-50.
[3] Laurillard, D. (2007).
edagogical forms for mobile
learning in: Pachler, N. (ed)
(2007) Mobile learning:
towards a research agenda.
London: WLE Centre, IoE.
[4] Kitchenham, A. (2011).
Models for interdisciplinary
mobile learning: delivering
information to students. Hersey
PA: IGI Global.
[5] Rogozin. (2012). Physics
Learning Instruments of XXI
Century. Proceedings of The
World Conference on Physics
Education 2012.
Published
2017-05-27
Abstract views: 791 , PDF downloads: 5507