Kecemburuan Sosial Masyarakat Non Penerima Manfaat PKH di Dusun Pringroto Desa Punjung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan

  • Yunda Dian Arimbi Mahasiswa

Abstract

Kecemburuan sosial menjadi perhatian yang perlu diperhatikan baik dari pemerintah dan perangkat desa. Kecemburuan sosial timbul bermula dari kemiskinan yang semakin meningkat dan pembagian bantuan yang tidak merata. Tujuan dalam penelitian ini adalah guna menganalisis kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Dusun Pringroto, Desa Punjung Kecamatan Kebonagung yang masih sangat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur purposive. Pada penelitian ini subjeknya ialah Kepala Desa Punjung, Kepala Dusun Pringroto Desa Punjung, Pendamping PKH 1 orang, penerima manfaat PKH 10 orang dan masyarakat non penerima manfaat PKH 5 orang di Kecamatan Kebonagung. Hasil dari penelitian ini terdapat kebenaran mengenai kecemburuan sosial masyarakat non penerima manfaat program Keluarga Harapan (PKH).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Juhad, H. Moh Juhad. "Analisis Kecemburuan Sosial Masyarakat Non Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kecamatan Selong Lombok Timur." Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1.2 (2021): 1-7.
[2] BPS Kabupaten Pacitan. Kabupaten Pacitan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pacitan. (2020).
[3] Ferezagia, D.V. Analisis Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol.1, No.1, hlm.2. (2018).

[4] Aldilal, Andi Alimuddin Unde, And Jeanny Maria Fatimah. "Prasangka Konflik & Kecemburuan Sosial Antara Pekerja China Dan Masyarakat Lokal Di PT. Virtue Dragon Nikel Industri Sulawesi Tenggara." Jurnal Ilmu Komunikasi (J-Ika) 7.2 (2020).

[5] Program Keluarga Harapan. Kementerian Sosial. (2021).

[6] Dinsos Kabupaten Pacitan. Program Keluarga Harapan. Dinas Soisal Kabupaten Pacitan. (2020)
Published
2022-06-01
Abstract views: 69 , PDF downloads: 64