Pembuatan Jamu Herbal Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dimasa Pandemi Covid-19

Jamu herbal

  • Ilham Hudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dresta Daryanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Friska Andriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Tenni Suprapti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Algi Mahasiswa umri
Keywords: Jamu, Tanaman Herbal

Abstract

Program kerja Pelatihan dan Pembuatan Jamu Herbal oleh KKN UMRI kepada Masyarakat Desa Koto Benai, Kecamatan Benai dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang ada di sekitaran rumah warga atau biasa disebut sebagai “toga”. Hal ini dilakukan guna untuk menyampaikan sosialisasi bagaimana cara pembuatan jamu herbal kepada Warga desa Koto benai tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga setempat, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga imun. mayoritas warganya juga petani, jadi tanaman-tanaman herbal pun tidak susah di cari. Bahan utama dari pembuatan jamu yaitu seperti Kunyit, Jahe, Kencur, dan Temulawak. Tujuan diadakan Kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan ide usaha kepada masyarakat sebagai salah satu pekerjaan sampingan, sekaligus menjelaskan segala fungsi dari tanaman-tanaman herbal yang mereka tanam di halaman rumah warga. Hasil dari kegiatan ini juga yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa koto benai dalam proses pembuatan jamu herbal yang bahan-bahannya sendiri ada dilingkungan sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kelompok 3 Luar Kota, 2021. Laporan Kuliah Kerja Nyata Desa Koto Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi : UMRI.
Hoffmann, David. Medical Herbalism The Science and Practice of Herbal Medicine. Rochester:Healing Arts Press, 2003
Hidayat, R. S., & Napitupulu, R. M. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo.
Astuti, I.P., S.Hidayat dan IBK Arinasa, 2000, Traditional Plant Usage in Four Villages of Baliage, Tenganan, Sepang, Tigawasa and Sembiran Bali, Indonesia, By Botanical Garden of Indonesia LIPI All Rights Reserved Printed in Bogor, Indonesia.
Published
2022-05-31
Abstract views: 140 , PDF downloads: 118