PENYAMAAN PERSEPSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANTARA GURU BAHASA INGGRIS DAN WALI MURID MI AL-KIFAYAH PEKANBARU

  • Siti Niah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wandi Syahfutra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edi Ismanto Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Persepsi Pembelajaran, Bahasa Inggris, SD

Abstract

Persaingan global dalam berbagai bidang menuntut penguasaan kompetensi skill dan
akademik yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam upaya peningkatan
kualitas sumber daya manusia didunia pendidikan, penguasaan bahasa asing, terutama
bahasa Inggris, merupakan suatu hal yang sanga tpenting. Hal ini didasari atas bahasa
Inggris adalah bahasa global yang digunakan pada era saat ini. Berdasarkan analisa
yang telah dilakukan, pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah
Pekanbaru belum terlaksana dengan dengan baik, dan juga untuk persamaan persepsi
dalam pengajaran antara guru Bahasa Inggris dan wali murid juga belum terjalin
dengan baik. Atas dasar analisa tersebut maka diadakanlah pelatihan “Penyamaan
Persepsi Pembelajaran Bahasa Inggris antara Guru dan Wali Murid bagi Anak Usia
Sekolah Dasar” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam
menguasai Bahasa Inggris. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini
adalah metode ceramah, diskusi, dan role play. Adapun hasil Hasil kegiatan pengabdian
kepada masyarakat ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari pihak mitra yakni
Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah Pekanbaru karena program ini sesuai dengan
kebutuhan mereka. Bentuk sambutan yang sangat positif tersebut adalah terlihat dari
partisipasi seluruh peserta pelatihan baik guru bahasa Inggris maupun wali murid yang
hadir pada pelatihan tersebut sangat aktif dalam mengikuti seluruh proses kegiatan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Niah, Universitas Muhammadiyah Riau

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wandi Syahfutra, Universitas Muhammadiyah Riau

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Edi Ismanto, Universitas Muhammadiyah Riau

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

[1] Cahyono, bambang Yudi.
1997. Pengajaran Bahasa
Inggris. Malang: Penerbit IKIP
Malang.
[2] Suhartono. 2005.
Pengembangan Keterampilan
Bicara Anak Usia Dini.
Jakarta: Diknas
[3] Suyanto, Kasihani K.E. 2008.
English For Young Learners.
Jakarta: Bumi Aksara
[4] Brown, H.D. (1994). Principles
of Language Learning and
Teaching. Englewood Cliffs,
N.J.: Prentice Hall
[6] Dubin. F. Olstain. E (1990).
Course Design developing
Program and Materials for
Language Learning.
Cambridge: Cambridge
University press
[7] Milafaila. 2011. Pemanfaatan
Media Audio Visual sebagai
Upaya untuk Meningkatkan
Penguasaan Bahasa Inggris
Anak Usia Dini. (Online)
https://failashofagmail.wordpre
ss.com/2011/06/08/modelpembelajaran-aud/. Diakses 18
februari 2017.
[8] Mulyadin, Taufik. 2012.
Bahasa Inggris dan
Pembentukan Karakter Anak
Sejak Dini. (Online)
http://pojokkangadin.blogspot.
co.id/2012/02/bahasa-inggrisdan-pembentukankarakter.html. Diakses 18
februari 2017
[9] RAHMULIA, Frima (2014)
Persepsi Stakeholder
Pendidikan di Kota
Tasikmalaya Mengenai
dihapusnya Pelajaran Bahasa
Inggris dalam Kurikulum
Sekolah dasar 2013. UPI
Kampus Tasikmalaya. PGSD
UPI Kampus Tasikmalaya,
http://repository.upi.edu/id/epri
nt/1169. 21 februari 2017
Published
2017-05-27
How to Cite
Niah, S., Syahfutra, W., & Ismanto, E. (2017). PENYAMAAN PERSEPSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANTARA GURU BAHASA INGGRIS DAN WALI MURID MI AL-KIFAYAH PEKANBARU. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 36-41. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.32
Abstract views: 151 , PDF downloads: 332