Penerapan Aplikasi E-Commerce Bagi Usaha Baru Ibu Keripik Nenas Desa Kualu Nenas

  • Unang Rio STMIK Amik Riau
  • Wirta Agustin STMIK AMIK Riau
  • Bakaruddin Bakaruddin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rometdo Muzawi STMIK AMIK Riau
Keywords: E-Commerce, Usaha Baru Ibu, Nenas, Desa Kuala Nenas, Kabupaten Kampar.

Abstract

Abstrak: Kabupaten Kampar merupakan bagian wilayah Provinsi Riau yang memiliki potensi untuk pengembangan komoditas nenas. Sentra produksi tanaman nenas Kabupaten Kampar berada di Kecamatan Tambang yaitu di Desa Kualu Nenas dan Desa Rimbo Panjang dengan rata-rata produksi masing-masingnya sebesar 875 ton/hektar dan 1,6 ton/hektar (Dinas Pertanian Kabupaten Kampar, 2012). Keripik nenas merupakan produk olahan yang paling banyak dikembangkan oleh pengrajin keripik nenas di Desa Kualu Nenas. Agroindustri keripik nenas di Kabupaten Kampar sebenarnya menghadapi berbagai permasalahan, seperti juga yang dialami oleh Pengusaha Keripik “Usaha Baru Ibu”. Permasalahan yang dihadapi pengusaha keripik nenas “Usaha Baru Ibu”  belum adanya pemanfaatan teknologi informasi untuk promosi sehingga pemasaran produk usaha keripik dari “Usaha Baru Ibu” belum bisa menjangkau masyarakat luas, oleh sebab itu hal ini sangat berpengaruh terhadap perolehan pendapatan yang kurang optimal dan tidak sesuai dengan yang diinginkan, Untuk pemasarannya dominan dilakukan di sekitar Kampar dan pekanbaru. Melalui program kemitraan masyarakat ini, solusi yang ditawarkan adalah dengan membangun dan menerapkan aplikasi e-commerce baik dalam bentuk website ataupun mobile commerce penjualan Keripik Nenas Kabupaten Kampar dalam meningkatkan pendapatan “Usaha Baru Ibu”. Metode pelaksanaan dalam Program Kemitraan Masyarakat yang digunakan adalah : 1. Focus Group Discussion, 2. Partisipatory Research Action  3. Metode pelatihan dan pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Berlian, R. Vebrianto, And M. Siska, “Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Nenas Desa Kualu Nenas,” Tasnim J. Community Serv., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–11, 2020.
[2] K. Roza, Yulinda, And J. Yusri, “Analisis Usahatani Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Analysis Of Pineapple Farming In Kualu Nenas Village Sub-District Of Tambang Kampar Regency,” J. Ilm. Pertan., Vol. 11, No. 2, Pp. 9–18, 2015.
[3] D. Sartika And A. Basriani, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau,” Inovasi, Vol. 14, No. 2, P. 84, 2018, Doi: 10.29264/Jinv.V14i2.3910.
[4] A. Haris Et Al., “Program Diseminasi Teknologi Alat Pengering Buah,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Membangun Negeri, Vol. 5, No. 1, Pp. 93–103, 2021.
[5] S. C. S. Dan N. Dewi, “Pemasaran Buah Nenas (Kajian Struktur, Perilaku, Dan Penampilan Pasar) Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar,” J. Ilm. Pertan., Vol. 13, No. 1, Pp. 38–50, 2016.
Published
2021-11-30
How to Cite
Rio, U., Agustin, W., Bakaruddin, B., & Muzawi, R. (2021). Penerapan Aplikasi E-Commerce Bagi Usaha Baru Ibu Keripik Nenas Desa Kualu Nenas . Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 101-106. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3141
Abstract views: 351 , PDF downloads: 334