Implementasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Pada Kelurahan Sungaisibam

  • Khusnul Fikri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Bagas Tri Ramadana Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Multimedia, Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran, iSpring Suite 10

Abstract

Saai ini dunia sedang menghadapi pandemi global covid-19 yang mengakibatkan banyak aspek yang terdampak oleh wabah ini. Salah satu aspek yang berdampak yaitu aspek pendidikan, dimana masyarakat dituntut untuk mengurangi kegiatan diluar rumah serta proses tatap muka belajar di sekolah dilakukan secara daring/online. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan permasalahan yang dihadapi antara lain : (1) Berkurangnya semangat belajar anak-anak (2) Anak-anak lebih cenderung lebih sering bermain game pada smartphone. Solusi yang dihadirkan dengan membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrolan  yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Multimedia interaktif yang dibuat dikemas dalam bentuk android yang dibuat dengan memanfaatkan software Microsoft Office Power Point 2016, iSpring Suite 10, dan Web 2 APK. Berisi materi Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, dan Pendidikan Kreativitas dilengkapi juga video pembelajaran dan kuis. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan semangat belajar anak-anak pada RW 01 Kelurahan Sungaisibam, (2) Membuat aplikasi Multimedia Interaktif berbasis Android, dan (3) Melakukan pendampingan belajar guna mengoptimalkan pembelajaran berbasis online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] T. rahmah Illahi, W. Sukartiningsih, and W. T. Subroto, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Da,” J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 4, no. 3, 2018.
[2] M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika,” JIPMat, vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1480.
[3] F. Armansyah, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p224.
[4] T. Anggia Dewi, “IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH,” J. Promosi, vol. 15, no. 1, pp. 43–58, 2015, doi: 10.3997/1873-0604.2016037.
[5] U. N. Padang, “EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Rahmad Wahyugi 1 , Fatmariza 2,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 785–793, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.
[6] D. Ariyanti, Mustaji, and Harwanto, “Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite,” Educ. Dev., vol. 8, no. 2, pp. 381–389, 2020.
[7] R. Monemi, Lufri, and I. Leilani, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Disertai Games Kuis Course Maze Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Peserta Didik Kelas Viii Smp Developing Interactive Multimedia Based on Power Point With Course Maze Games Kuis About Excretion Syste,” J. Biosains, vol. 1, no. 2, pp. 252–260, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/download/355/56.
[8] S. KUDSIYAH, “Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas Viiid Smpn 1 Jabon,” Kaji. Moral dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 01, pp. 1–15, 2017.
Published
2021-12-07
How to Cite
Khusnul Fikri, & Bagas Tri Ramadana. (2021). Implementasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Pada Kelurahan Sungaisibam. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 178-183. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3115
Abstract views: 767 , PDF downloads: 438