Pembuatan Alat Pemantauan Kualitas Air Sungai di Kelurahan Tirta Siak, Kota Pekanbaru

  • Nurhalim Nurhalim Universitas Riau
  • Noveri Lysbetti Marpaung Universitas Riau
  • Anhar Anhar Universitas Riau
  • Antonius Rajagukguk Universitas Riau
  • Suwitno Suwitno Universitas Riau
Keywords: Smart, Monitoring, Kualitas, Air, Sungai

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Terintegrasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dosen yang dijalankan secara bersamaan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini dirancang berdasarkan kebutuhan masyarakat lokasi Kukerta. Kegiatan pengabdian kali ini berupa penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merancang sebuah alat Sistem Smart Monitoring Kualitas Air berbasiskan internet of thing (IoT) di Kelurahan Tirta Siak, Payung Sekaki, Pekanbaru. Alat ini mengubah cara pengujian air baku yang konvensional yang biasanya dilakukan dengan cara membawa sampel ke laboratorium. Sistem Smart Monitoring Kualitas Air Sungai ini menguji sampel air dengan meletakkan sensor kekeruhan dan pH di lokasi yang ditentukan, kemudian data diproses oleh Arduino Mega 2560 untuk melakukan pembacaan nilai parameter pH dan kekeruhan air sungai, nilai yang didapat dari proses pengukuran tersebut dikonversikan dari bentuk analog ke bentuk digital untuk ditampilkan ke antar muka berupa website. Dengan adanya alat ini diharapkan kualitas air Sungai Siak di titik lokasi dimana alat dipasang dapat terpantau. Sehingga dengan adanya pemantauan secara langsung dengan data real time ini dapat pula merubah perilaku masyarakat terutama masyarakat Pekanbaru terhadap kualitas air Sungai Siak dengan demikian kebersamaan masyarakat dalam menjaga kualitas lingkungan akan terbangun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Johar, O. A, "Pencemaran Sungai Siak di Kota Pekanbaru dan Penegakan Hukum Pidana Lingkungan," Jispo, 9(2), 489–501, 2019.

[2] Anhar, Nurhalim, Feri Candra, Antonius Rajagukguk, Eddy Hamdani, “Pembuatan Penyaring Air Untuk Peternak Ayam Petelur di Dusun I Kubu Cubadak Simpang Petai”, Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, e-ISSN : 2745-3782 , p-ISSN : 2550-0198. Vol. 5, Issue 1, hal. 29-34, 18 Mei 2021.

[3] Yusuf, I. M., "Perancangan Alat Pemantau Kualitas Air ( Atair ) Berbasis Internet of Things Dengan Parameter Kekeruhan, Oksigen Terlarut, Suhu dan PH," Http://Repository.Unpas.Ac.Id/., 2018.

[4] Audiva, H., Hanuranto, A. T., Mayasari, R.,. Aplikasi Sistem Monitoring Kelayakan Air di Daerah Aliran Sungai Berbasis Android. Elektro, F. T., & Telkom, U.7(2), 3525–3531, 2020.

[5] Novitasari, D. A. A., Triyanto, D., & Nirmala, I., "Rancang Bangun Sistem Monitoring pada Limbah Cair Industri Berbasis Mikrokontroler dengan Antarmuka Website. Coding Jurnal Komputer Dan Aplikasi Untan," 06(03), 43–53, 2018.

[6] Hafiidhudin. 2016. Prototipe Sistem Otomatisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Dan Monitoring Secara Realtime Berbasis Mikrokontroler
[7] Menteri Kesehatan Republik Indonesia, "Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia," 1–20, 2017.

[8] Putri, Afdal, & Puryanti, D., "Profil Pencemaran Air Sungai Siak Kota Pekanbaru Dari Tinjauan Fisis dan Kimia," Jurnal Fisika Unand, 3(3), 191–197, 2014.
Published
2021-12-06
How to Cite
Nurhalim, N., Marpaung, N. L., Anhar, A., Rajagukguk, A., & Suwitno, S. (2021). Pembuatan Alat Pemantauan Kualitas Air Sungai di Kelurahan Tirta Siak, Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 166-172. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3080
Abstract views: 461 , PDF downloads: 378