Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM

  • Zuli Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Azhar Alam
  • Gharnis Purbo Tyas
  • Yasmin Syahidah

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini banyak pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan usahanya. Sehingga digital marketing menjadi solusi yang tepat untuk membantu pemasaran usaha dengan memanfaatkan teknologi digital. Pemasaran tersebut bisa melalui media sosial seperti Instagram dengan membuat konten yang menarik. Objek pengabdian ini adalah pelaku UMKM yang berada di desa Makamhaji, kecamatan Kartasura, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan masyarakat sekitar Solo Raya. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terutama pelaku usaha seputar strategi digital marketing dan memberikan pelatihan cara mengoptimalkan akun bisnis menggunakan ternak database, pembuatan konten kalender dan pembuatan konten Instagram menggunakan aplikasi Canva. Metode pengabdian dilakukan dengan cara daring melalui webinar penyuluhan menggunakan aplikasi zoom meeting selama satu hari dan dilanjutkan dengan pelatihan digital marketing selama tiga hari menggunakan WhatsApp Group. Hasil dari kegiatan pengabdian peserta mampu memahami strategi pemasaran yang baik menggunakan pemasaran digital. Sedangkan melalui pelatihan peserta mendapatkan pembelajaran cara mengoptimalkan ternak database, membuat konten Instagram menggunakan aplikasi Canva dan perancangan schedule konten Instagram serta dapat mempraktikannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-30
How to Cite
Wulandari, Z., Alam , A., Purbo Tyas, G., & Syahidah, Y. (2021). Webinar Dan Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya meningkatkan promosi produk UMKM. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 45-51. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3055
Abstract views: 740 , PDF downloads: 663