Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Perajin Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru

  • Asrinda Amalia Dosen UMRI
  • Aidil Haris Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khusnul Hanafi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Raja Widya Novchi Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiaatan pengabdian ini adalah untuk melakukan pengembangan produk unggulan daerah perajin rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru melalui penerapan teknologi pemasaran berbasis digital.Para perajin rotan yang tergabung dalam koperasi Rotan Kencana mengeluhkan sulitnya perekonomian akibat pandemic ini.Para pengrajin sudah mulai mengeluhkan sulitnya dalam menggaji karyawan yang bekerja.Oleh karena itu diperlukan pendampingan secara intens agar perajin rotan mampu bangkit dari kondisi keterpurukan akibat wabah covid 19.

            Dari hasil observasi yang dilakukan oleh tim pengabdi pada hari Senin 27 Juli 2020, menemukan bahwa para perajin rotan mengalami defisit penjualan hingga 70% keatas. Hal ini menurut para pengrajin sangat membebani. Solusi yang ditawarkan melalui program pengabdian masyarakat ini adalah (1) membuat teknologi pemasaran berbasis online web marketing, sebagai promosi virtual untuk meningkatkan omset (2) metode partisipatif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan, sebagai peningkatan kemampuan manajemen dan pengelolaan anggota pengrajin rotan.

 

            Metode yang dilakukan pada program pengabdian masyarakat ini melalui pendekatan metode partisipatif, penyuluhan, pendampingan dan pelatihan.

            Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelompok kopeasi Rotan Kencana dapat memanfaatkan teknologi berbasis teknologi digital sebagai wahana meningkatkan pendapatan di masa pandemic covid 19.

 

Kata Kunci: Penerapan Teknologi Digital, Pemasaran, Perajin Rotan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-29
How to Cite
Asrinda Amalia, Haris, A., Rahmayanti, S., Hanafi, K., & Novchi, R. W. (2021). Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Perajin Rotan Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 20-25. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.2703
Abstract views: 204 , PDF downloads: 272