Fresto Lele Ibu Rumah Tangga Blok I Di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siakhulu

  • Trisiwi Kusuma Ningrum Universitas Muhammadiyah Riau
  • Maswarni Maswarni Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wan Laura Hardilawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yeni Yarnita Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: fresto, ikan lele, pangan, Kubang Jaya

Abstract

Pada masa pandemic covid 19 maupun era new normal Covid 19 saat ini, banyak masyarakat yang terdampak pandemic, salah satunya adalah masyarakat yang berada di RT  02 Desa Kubang Jaya,  yang saat ini juga  mengalami permasalahan ekonomi terdampak Covid 19. Hal ini membuat para ibu rumah tangga Blok I turut memikirkan bagaimana cara membantu pendapatan keluarga yang saat ini terdampak pandemic.   Permasalahan    yang dialami oleh sasaran adalah belum tahu cara pembuatan fresto lele serta terbatasnya modal untuk wirausaha fresto lele. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS)  ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan , ketrampilan dan kemandirian ibu ibu rumah tangga blok I untuk berwirausaha untuk membantu menambah pendapatan keluarga. Metode PKMS ini  dengan menggunakan ceramah secara daring yang memberikan materi  tentang pengolahan pangan yang aman bagi kesehatan dan manajemen pemasaran fresto lele , serta  praktek  cara membuat fresto lele  yang dilaksanakan secara langsung menggunakan protokol kesehatan. Hasil kegiatan PKMS menunjukkan  peningkatan pengetahuan dan katrampilan  peserta PKMS  tentang bagaimana cara  pembuatan fresto lele, dan  kelompok ibu sudah  memulai memasarkan fresto lele yang telah dibuat.

Kata kunci _ fresto, ikan lele, pangan, Kubang Jaya

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ketua RT. (2020). Data jumlah KK dan penduduk RT 02 Desa Kubang Jaya. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2014.12.004
Presiden RI. (2012). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.
Presiden RI. (2015). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2015.
Sulistyowati, -, Sumaryanto, T., Saputro, D. D., & Sunyoto, -. (2021). Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Usaha “ Bandeng Presto.” Patria, 3(1), 23. https://doi.org/10.24167/patria.v3i1.2560
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Published
2021-06-07
Abstract views: 13 , PDF downloads: 6