Peduli Banjir Desa Karangligar Karawang Sebagai Bentuk Kepedulian Sosial Mahasiswa

  • Herdian Kertayasa STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Devi Sulaeman STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Dede Sugandi STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Gina Kania STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Dede Ajeng Arini STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Teti Ernawati STIT Rakeyan Santang Karawang
Keywords: Peduli Banjir, Sosial Kemasyarakatan, Kepedulian Sosial

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberi dorongan secara moral dan materi melalui kegiatan sosial kepada masyarakat Desa Karangligar yang terdampak banjir dan memberikan edukasi sosial masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam kepedulian sosial sesama anak bangsa. Kegiatan sosial kemasyarakatan  yang dilakukan oleh mahasiswa STIT Rakeyan Santang didasarkan pada rasa kepedulian terhadap masalah yang dialami oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan tertutama akan kebutuhan pokok. Dengan hadirnya tim pengabdian dan mahasiswa di lokasi sangat membawa pengaruh positif kepada masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan seperti penggalangan dana, penghimpunan bantuan dan pendistribusian bantuan sembako yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga disambut baik oleh pemerintah desa maupun warga. Hasil dari kegiatan sosial ini diharapkan mampu meringankan kesulitan warga Karangligar yang terdampak banjir, mengurangi masalah sosial dan lingkungan khususnya Daerah Kabupaten Karawang. Implikasi dari kegiatan peduli banjir mahasiswa STIT Rakeyan Santang dapat memperkuat persaudaraan, semangat gotong royong, memupuk kebersamaan demi menjaga kehidupan sosial masyarakat yang harmonis serta memberikan informasi bagi pemerintah untuk antisipasi bencana ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, C. (2015). TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI, KEPEMIMPINAN DAN KEMASYARAKATAN. UIN Bandung Press.
Imamsari, F. S., & Triastuti, R. (2017). Partisipasi Masyarakat pada Penanggulangan Banjir dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Educitizen, 2(1).
Kompas.com. (2021). Warga Desa Karangligar Karawang Mengungsi Akibat Banjir. https://foto.kompas.com/photo/read/2021/2/10/1612951070b0e/1/warga-desa-karangligar-karawang-mengungsi-akibat-banjir.
Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan ketiga. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Radar Karawang. (n.d.). 26 Kecamatan Rawan Banjir. https://radarkarawang.id/metropolis/26-kecamatan-rawan-banjir/
Spencer, L., Ritchie, J., & O’Connor, W. (2003). Analysis: practices, principles and processes. In Qualitative research practice: A guide for social science students and researchers (Vol. 199).
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). In Bandung: Alfabeta (Vol. 28).
Tambunan, E., Purba, M. L., & Haloho, E. (2020). PENDAMPINGAN GERAKAN BAKTI SOSIAL BERBAGI PAKET SEMBAKO PEDULI COVID-19 HIMA MANAJEMEN UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 58–63.
UU Nomor 24 Tahun 2007. (n.d.). https://bnpb.go.id/ppid/file/UU_24_2007
Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan Dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 1–15.
Published
2021-05-30
Abstract views: 105 , PDF downloads: 84