Pelatihan Penulisan Soal Comprehension Questions Para Tutor Berbasis HOTS Bahasa Inggris

  • Irvan Hadi unindra jkt
  • Nia Liskasaputri Unindra PGRI JKT

Abstract

Abstrak

Penulisan berbasis HOTS masih menjadi kendala bagi para tutor. Hal ini disebkan oleh kurangnya sosialisasi untuk para tutor pada lembaga bahasa Inggris. Mereka perlu dibekai sehingga dapat empraktekkan soal-soal berbasis HOTS.     Metode pelaksanaan yang digunkan adalah observasi, wawancara dan diskusi serta perencanaa pembuat luaran dari hasil pelaksanaan ini. Kegiatan ini diikuti oleh para tutor yang berjumlah 10 orang pada bulan awal Maret 2020 sampai dengan Mei 2020. Hasil pelaksanaan sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para guru yang secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu pendidikan, oleh karenanya mereka berpendapat kalau kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Sebagian lainnya menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan  pelatihan ini berjalan dengan baik dengan metode penyampaian yang mudah dipahami dan menyenangkan.Saran dari terlaksannya kegiatan ini agar terdapat adanya tindak lanjut dari kegiatan serupa dengan alokasi waktu yang lebih banyak, materi yang lebih bervariasi dan juga peserta yang lebih banyak.

Kata Kunci : Pelatihan, soal , HOTS

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anderson, L.W., and Krathwohl,
D.R. 2001. A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
[2]Collins, R. 2014. Skills for 21st
Century: Teaching Higher-Order
Thinking. Curriculum & Leadership
Journal. vol. 12.Depdikbud. 2017.
Modul Penyusunan Soal Higher Order
Thinking Skill (HOTS). Direktorat
Ekaningsih, A.S. 2013. Peran Pendidikan dan Pelatihan
[3]Freeman, Diane Larsen.2008
Teachniques and Principles in
Language Teaching. China: Oxford
University Press.
[3]Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2014.
Implementasi Kurikulum 2013:
Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata
Pena
[4]Kemendikbud. 2018. Buku Penilaian
Berorientasi Higher Order Thinking Skills. 2018. Program Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Peningkatan Kualitas Sumber Daya Aparatur. Jurnal Borneo Administrator. 9(2)
[5]PeningkatankompetensiPembelajaran
Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral
Guru dan Tenaga Kependidikan



[6]Widiyarto, S., Mubasyira, Tiwinyanti,
L., Sartono, L. N., Alifah, S.,
&Pamungkas, A. (2020). Penguatan
Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti
melalui Metode Story Telling Bagi
Guru Pondok Darunnadwah Cikarang-
Bekasi. Jurnal Pengabdian UntukMu
NegeRI, 4(2), 222-227.
Published
2021-05-29
Abstract views: 34 , PDF downloads: 23