Tata Kelola Karya Cipta Sekolah Melaui Digitalisasi Upaya Bakti Bagi Dunia Pendidikan
Abstract
Karya cipta merupakan suatu ciptaan di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra sebagai hasil ide/inspirasi, kemampuan, pikiran, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang diekspresikan dalam bentuk objek riil atau nyata. Setiap karya cipta yang dihasilkan seseorang/sekelompok orang wajib diakui dan dilindungi. Pengakuan terhadap karya cipta ini dikenal dengan hak kekayaan intelaktual. Agar semua karya cipta terlindungi, maka perlu dilakukan pendaftaran untuk memperoleh lisensi serta pengakuan terhadap karya cipta serta dikelola dengan baik. Berdasarkan permasalahan ini, maka dibuat suatu aplikasi e-karya sekolah yang dapat digunakan oleh sekolah-sekolah. Aplikasi ini sebagai luaran dari kegiatan pengabdian masayarakat (PkM) yang dilakukan oleh prodi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan bertujuan membantu pihak sekolah mendokumentasikan dan mengelola karya cipta guru dan siswa secara digital. Metode yang dilakukan dalam kegiatan PkM ini adalah melakukan survey ke sekolah yang menjadi mitra, sosialisasi program, membuat aplikasi e-karya sekolah, memberikan transfer knowledge terkait plagiarisme, memberikan pelatihan dan melakukan evaluasi kegiatan. Hasil dari PkM ini berupa software perangkat lunak dan modul pelatihan karya cipta yang memberikan hasil positif bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Berdasarkan evalusi yang dilakukan cecara umum pelaksanaan kegiatan PkM ini dinyatakan baik sebesar 78,3%, sedangkan dari sisi produk yang dihasilkan dinyatakan baik sebesar 67,8%.