SOSIALISASI MEMBACA DAN MENULIS UNTUK ANAK USIA 9-12th DENGAN FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

  • Johan Faladhin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ulmi Marsya Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jayus Jayus Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Kegiatan membaca merupakan aktivitas yang dapat menstimulasi otak melalui lambang-lambang tertulis mengenai informasi tertentu kemudian menalarkannya.Namun sangat disayangkan bahwa tingkat minat membaca masyarakat di Indonesia masih sangat minim. Demi meningkatkan kegemaran masyarakat untuk membaca, maka hal tersebut harus dapat ditumbuhnya sejak dini. Dengan menciptakan budaya membaca yang asik serta menyenangakan dan mudah untuk diterima oleh generasi muda. Dengan adanya tantangan perkembangan zaman yang kian cepat, sehingga semakin tergerusnya budaya membaca buku dikalangan anak-anak yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi yang kian beragam, maka metode yang dilakukan untuk mensosialisasikan gemar membaca tersebut yaitu dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran. Dengan mengupas ide-ide yang ingin disampaikan film tersebut yang kemudian dapat menstimuli keinginan anak untuk gemar membaca dan kemudian menumbuhkan kebiasaan menulis bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Johan Faladhin, Universitas Muhammadiyah Riau

Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi

Ulmi Marsya, Universitas Muhammadiyah Riau

Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi

Jayus Jayus, Universitas Muhammadiyah Riau

Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi

References

[1] Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran (Edisi Revisi), Jakarta: Rajawali Pers
[2] Baderi, Athaillah. 2005. Teknik Pemasyarakatan Perpustakaan dan Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Bahan Diklat Tenaga Penyuluh Minat dan Gemar Membaca
[3] Bunanta, Murti. 2004. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca, Jakarta: Pustaka Tangga
[4] Berger, Peter L. & Thomas Luckmann 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social
Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES
[5] Burns, P.C Roe, B.D., & Ross, E.P. 1996. Teaching Reading in Today Elementary School. Boston: Houghton Mifflin.
[6] Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
[7] Gewati, Mikhael.Minat Baca di Indonesia ada Pada Urutan ke-60 di Dunia, http://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131
/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia.diakses pada tanggal 12 May 2017
[8] Izzaty, Rita Eka.2009. Perkembangan Anak Usia 7-12 Tahun. Universitas Negri Yogyakaraka, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.
[9] Kamah, Idris. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
[10] Kolker, Robert. 1983. Film, Form, and Culture. Second Ed. New York: Mc Graw Hill
[11] Profil Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru Tahun 2017, https://bpa.pekanbaru.go.id/tentang/, diakses pada tanggal 30 Agustus 2017
[12] Santoso, Guritnaningsih. A. 2000. Studi Perkembangan Kognitif Anak Indonesia, Jakarta: Harian Kompas, Rabu, 26 Juli 2000, diakses pada jurnal
e-dokumen.kemenag.go.id/files/G4pKDLun1338123296, tanggal 30 Agustus 2017
[13] Suriamiharja, Agus. dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan
Menengah bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III
[14] Syaodih, Ernawulan, Psikologi Perkembangan Anak, Universitas Negri Yogyakarta (UNY).
[15] Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2011. Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media. Merek
SayHello di Kota Yogyakart. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/16797/1/SKRIPSI.pdf
Published
2017-12-25
How to Cite
Faladhin, J., Marsya, U., & Jayus, J. (2017). SOSIALISASI MEMBACA DAN MENULIS UNTUK ANAK USIA 9-12th DENGAN FILM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 64-70. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.238
Abstract views: 220 , PDF downloads: 665