PEMBERDAYAAN USAHA MASYARAKAT MELALUI BRANDING PRODUK
Abstract
Rendahnya kemampuan bersaing produk-produk UMKM kota Pekanbaru menjadi anomaly ditengah tingginya angka pertumbuhan usaha tersebut. Hal tersebut dimungkinkan karena ketidakmampuan UMKM dalam menciptakan jati diri untuk produk-produk mereka sehingga mudah teridentifikasi dan terdiferensiasi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas melalui perancangan produk, merek dan branding yang memiliki keunggulan kompetitif, selain memberikan pengetahuan dan wawasan akan arti penting branding produk.pengabdian dilakukan dengan pendekatan brainstorming dan SWOT sebagai teknik analisis,kegiatan pengabdian ini menghasilkan produk berupa sabun cuci dan mandi cair dengan thematic buah-buahan dan memakai merek SEEPRazes.
Downloads
References
[2] Anarnkaporn, Angkana. 2007. Branding as a Competitive Advantage for SMEs. RU International Journal.Vol. 1 No. 1. Pp. 25-36.
[3] Assauri, Sofjan 2015, Manajemen Pemasan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[4] Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, Penerbit Alfabeta, Bandung.
[5] Idris, Kamil. 2008, Membuat Sebuah Merek, Pengantar Merek Untuk Usaha Kecil Menengah, Diterbitkan dan diterjemahkan oleh Kamar Dagang dan Industri
Indonesia, Jakarta.
[6] Muslim, Aziz. 2007, Pendekatan Partisipatif Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. VIII, No 2 Desember 2007:89-103