PENYULUHAN MEDIA LITERASI: PERAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF TELEVISI TERHADAP ANAK

  • Asrinda Amalia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aidil Haris Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Literasi, Media, Guru TK

Abstract

Pola menonton TV anak secara umum masih buruk karena konsumsi yang tinggi, bahkan, anak lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi dibandingkan dengan di sekolah. Banyaknya hal negatif dari menonton TV yang bisa mempengaruhi anak tersebut tentunya saja sangat memprihatinkan.Untuk itu peran guru menjadi penting agar televisi tidak berdampak negatif pada anak. Pembentukan karakter anak yang kritis bisa dilakukan apabila  guru bisa memberikan pemahaman kepada anak mengenai efek negatif menonton TV sehingga hal-hal negatif bisadihindari. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas kami tertarik untuk melakukan tela’ah dengan judul; “Penyuluhan Media Literasi: Peran  Guru TK Menghadapi Pengaruh Negatif TV Terhadap Anak”.Tujuan mendasar media literasi adalah mengajar khalayak atau pengguna media untuk menganalisis pesan yang disampaikan oleh media massa, mempertimbangkan tujuan komersil dan politik di balik suatu citra atau pesan media, dan meneliti siapa yang bertanggung jawab atas pesan atau ide yang diimplikasikan oleh pesan atau citra itu. Dari hasil kegiatan penyuluhan mengenai pengaruh negative TV terhadap anak dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru-guru tentang dampak tayangan TV secara umum meningkat meskipun masih ada yang menganggap bahwa acara TV untuk anak-anak tidak berbahaya. Saran yang dapat diberikan adalah masih perlu dilakukan penyuluhan yang lebih intensif untuk lebih meningkatkan kesadaran para guru terhadap pengaruh negative TV.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asrinda Amalia, Universitas Muhammadiyah Riau

Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi

Aidil Haris, Universitas Muhammadiyah Riau

Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi

References

[1] AAP. 2001. Media Violence. PEDIATRICS Vol. 108 No. 5 November 2001, pp. 1222-1226. Wirodono, Sunardian. 2005. Matikan TV-MU. Yogyakarta : Resist Book
[2] Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
[3] Singgih D. Gunarso dan Y Singgih D Gunarso, Psikologi untuk Membimbing, Jakarta: Gunung Mulia, 2007.
[4] Postman, Neil. 1995. Menqhibur diri sampai mati: Mewaspadai Media Televisi.
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
[5] Pangkapi, Eko, 2011. Televisi dan Anak, media.kompasiana.com, diakses 12 November 2011
[6] Redaksi, 2001, Bahaya Menonton Televisi bagi Anak, tempointeraktif.com, diakses 15 Mei 2017
[7] Redaksi, 2010, Pola Menonton Televisi Anak Sangat Buruk, health.kompas.com diakses 15 Mei 2017
[8] Kidia, 2011. Pengaruh Nonton TV pada Anak-anak, kidia.org, diakses 15 Mei 2017
Published
2017-12-25
How to Cite
Amalia, A., & Haris, A. (2017). PENYULUHAN MEDIA LITERASI: PERAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF TELEVISI TERHADAP ANAK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 33-38. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.230
Abstract views: 223 , PDF downloads: 282