IPTEK BAGI MASYARAKAT (IbM): SEKOLAH TK MENGHADAPI MASALAH IMPLEMENTASI SAINS

  • Sri Fitria Retnawati Universitas Muhammadiyah Riau
  • yeeri Badrun Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edi Ismanto Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: sains, etika, moral, kearifan lokal, taman kanak-kanak, pendidikan.

Abstract

Isu utama pendidikan anak di Indonesia adalah Etika, moral dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Secara khusus masalah dalam pendidikan Taman kanak-kanak khususnya di kota Pekanbaru tidak ada Pengembangan Materi Sains atau Porsi Pembelajaran sains yang sedikit, pengajaran etika moral, kearifan lokal dan lingkungan hidup masih pada ranah kognitif. Untuk menjawab pertanyaan tersebut UMRI telah bermitra dengan Taman kanak-kanak Negeri Pembina 1 (TKN 1) dan Taman kanak-kanak Swasta Tri Insani Permata (TK-TIP) yang sedang di Pekanbaru dalam kegiatan pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM). Dalam program ini telah disusun kurikulum baru yang menggabungkan pengajaran sains dan menanamkan moral, kearifan lokal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Luaran yang berhasil dihasilkan dari kegiatan ini tersedianya kurikulum baru yang mengintegrasikan pembelajaran moral, kearifan lokal dan lingkungan hidup dan menyediakan alat peraga pembelajaran saintifik bisa menggunakan modul dan VCD penggunaan alat, untuk masing-masing Taman kanak-kanak mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Fitria Retnawati, Universitas Muhammadiyah Riau

Fakultas Mipa dan Kesehatan

yeeri Badrun, Universitas Muhammadiyah Riau

Fakultas Mipa dan Kesehatan

Edi Ismanto, Universitas Muhammadiyah Riau

FKIP

References

[1] Abdullah Idi. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
[2] Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat, 2015. Norma, Standar, Prosedur,
Dan Kriteria Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
[3] Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
[4] Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada : Thompson Delmar Learning.
[5] Getstwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning..
[6] Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
[7] Permendikbud No. 146 tahun 2014 tentang Kuriulum 2013 PAUD
[8] Solehuddin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Pra-sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI..
Published
2017-12-25
How to Cite
Retnawati, S. F., Badrun, yeeri, & Ismanto, E. (2017). IPTEK BAGI MASYARAKAT (IbM): SEKOLAH TK MENGHADAPI MASALAH IMPLEMENTASI SAINS. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 20-27. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.227
Abstract views: 154 , PDF downloads: 174