Workshop Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

  • T Heru Nurgiansah UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
Keywords: Keywords: Learning Media, Information Technology, Industrial Revolution 4.0, Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Abstract

The Industrial Revolution 4.0 era required the use of internet media in various areas of life including the field of education. The purpose of this devotional activity is to equip educators and prospective educators to be able to create technology-based learning media such as the use of Power Point media to make learning activities more interesting. The methods of devotion used are lectures, two-way discussions, and direct practice for participants of activities. The results of this activity managed to make participants able to use information technology-based learning media that will be a provision in future teaching activities.

 

Keywords: Learning Media, Information Technology, Industrial Revolution 4.0

 

Abstrak

Era Revolusi Industri 4.0 mengharuskan penggunaan media internet dalam berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membekali para pendidik maupun calon pendidik agar mampu membuat media pembelajaran berbasis teknologi seperti penggunaan media Power Point agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. Metode pengabdian yang digunakan adalah ceramah, diskusi dua arah, dan praktek langsung bagi peserta kegiatan. Hasil kegiatan ini berhasil membuat peserta mampu untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang akan menjadi bekal dalam kegiatan mengajar kedepan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi Informasi, Revolusi Industri 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] T. H. Nurgiansah, “Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Kewarganegaraan Univ. Negeri Medan, vol. 1, no. 1, pp. 95–102, 2019.
[2] E. Surachman, “Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik Di Smp Negeri 194 Jakarta,” J. Sarwahita, vol. 13, no. 2, pp. 111–119, 2016, doi: 10.21009/sarwahita.132.06.
[3] N. Rani, Tundjung, and Y. B. Prasetya, “Workshop Media Pembelajaran Infografis Bagi Guru Mata Pelajaran Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Madrasah Aliyah Tansyitul Muta’allimiin,” J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, pp. 60–66, 2015.
[4] I. Vita, “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Flash Guru SMA/SMK Muhammadiyah Se-Kabupaten Gunung Kidul,” J. Pemberdaya., vol. 1, no. 2, pp. 427–432, 2017.
[5] S. Fuada, “Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., pp. 854–861, 2015.
[6] T. H. Nurgiansah and Y. Pringgowijoyo, “Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta,” KUAT Keuang. Umum dan Akunt. Ter. PKNSTAN, vol. 2, no. 1, 2020.
[7] R. M. Simanjorang and A. Sitohang, “PKM: Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis TIK Menggunakan Aplikasi Open Source di SMA Prima Nusantara,” TRIDARMA Pengabdi. Kpd. Masy. (PkM, vol. 2, no. 1, pp. 26–31, 2019, [Online]. Available: http://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/537.
Published
2021-05-15
Abstract views: 16 , PDF downloads: 20